Internasional

Sambut 2018, Sekjen PBB Berpesan Masyarakat Dapat Selesaikan Konflik dan Atasi Kebencian

BTN iklan

WASHINGTON, Lei – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan sebuah pesan dalam rangka menyambut tahun baru. Dalam pesannya tersebut, ia menyerukan persatuan di antara masyarakat global untuk menghadapi tantangan yang luar biasa dan mempertahankan nilai-nilai yang dianut oleh semua orang.

“Pada Tahun Baru 2018, saya tidak mengajukan banding, saya mengeluarkan peringatan, peringatan merah untuk dunia kita,” kata Sekjen Guterres pada Minggu 31 Desember 2017, yang merupakan hari terakhir 2017 di beberapa negara namun awal tahun baru di negara lainnya.

“Saat kita mulai 2018, saya menyerukan semua persatuan, kita bisa menyelesaikan konflik, mengatasi kebencian, dan mempertahankan nilai-nilai bersama, tapi kita hanya bisa melakukan itu bersama-sama,” ungkap Guterres, dilansir dari Xinhua, Senin (1/1/2018).

 Mengingat pada 2016 dia mendesak agar 2017 menjadi tahun untuk perdamaian, kepala PBB tersebut mencatat bahwa sayangnya, secara fundamental, dunia berbalik arah. Banyak konflik dan bahaya baru muncul. Selain itu kekhawatiran global atas senjata nuklir mencapai titik tertinggi sejak Perang Dingin, ia menambahkan.

Pada saat yang sama, dampak perubahan iklim semakin buruk dan berada pada tingkat yang mengkhawatirkan. Terjadinya pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang mengerikan juga marak terjadi sepanjang 2017.

“Nasionalisme dan xenophobia (ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain) sedang naik daun,” tambah Guterres.

Dengan menggarisbawahi keyakinannya bahwa dunia dapat dikondisikan agar lebih aman, konflik dapat diselesaikan, kebencian dapat diatasi, dan nilai-nilai bersama dipertahankan, Guterres menekankan bahwa persatuan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

“Persatuan adalah jalannya, masa depan kita bergantung padanya,” tegas Sekjen Guterres.

Guterres tak lupa mendesak pemimpin di mana pun untuk agar memiliki resolusi tahun baru yaitu dengan mempersempit kesenjangan. Menjembatani kesenjangan dan terus membangun kembali kepercayaan dengan membawa orang-orang bersama-sama mencapai tujuan bersama.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. What i don’t understood is actually how you are now not really
    a lot more smartly-favored than you might be now. You’re so intelligent.
    You recognize therefore significantly when it comes to this subject, made me for
    my part consider it from so many numerous angles.
    Its like men and women don’t seem to be involved until
    it’s one thing to do with Lady gaga! Your personal stuffs great.

    Always maintain it up!

  2. Please let me know if you’re looking for a article writer for your site.
    You have some really good posts and I feel I
    would be a good asset. If you ever want to take
    some of the load off, I’d love to write some content for your blog
    in exchange for a link back to mine. Please send me an email if interested.
    Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami