InternasionalTekno

Samsung SSD Roadmap, Hadir dengan QLC dan PCIe 4.0

BTN iklan

(LEI)-Samsung selama ini dikenal sebagai perusahaan penyedia storage ternama. Untuk kategori SSD, Samsung dikenal memproduksi berbagai komponen sendiri untuk SSD-nya,  mulai dari kontroller, DRAM hingga komponen 3D V-NAND yang menjadi ciri khas Samsung.

Belum lama ini, Samsung dikabarkan telah menampilkan roadmap dari produk SSD terbaru. Untuk SSD segmen konsumer, Samsung mengumumkan akan menggantikan peran kontroller PM981 yang ada di SSD 970 EVO dengan PM981a yang menghadirkan peningkatan performa random I/O. Untuk kapasitas tidak ada yang berubah dibandingkan sebelumnya.

Samsung juga menampilkan SSD terbaru untuk segmen enterprise yang  menggunakan 3D V-NAND berbasis Quad Level Cell (QLC). Samsung mengklaim, solusinya memiliki 45% latency yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor yang memiliki kapasitas 1Tb (terabit) per chip.

SSD enterprise kelas menengah ke atas sebelumnya mendapatkan update kontroller terbaru yang menghadirkan konektivitas PCIe 4.0 pertama dari Samsung yakni PM173. Terdapat peningkatan performa baca tulis hingga 8 GB/s meningkat jauh dibandingkan 3.5 GB/s yang ada di SSD generasi sebelumnya.

Samsung juga mengumumkan generasi kedua dari chip Z-NAND yang kini mendukung konektivitas PCIe 4.0. Samsung menyebutkan SSD tersebut menghadirkan performa baca tulis mencapai 12 GB/s dengan durabilitas yang lebih baik dibandingkan SSD enterprise biasa. Samsung juga telah meningkatkan kapasitas SSD menjadi 4TB. Rencananya, Samsung akan secara bertahap merilis berbagai produk yang ada di roadmap terbaru  ke pasaran pada tahun 2019 mendatang. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close