EkonomiOpini

Saran Kepala BNPB: Pemerintah Daerah Alokasikan dana dari APBD untuk Rawat Sungai

BTN iklan

LEI, Jakarta- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Doni Monardo berharap pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota bisa mengalokasikan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk digunakan desa yang berada di sekitar sungai. Menurut dia, hal itu dilakukan agar sungai-sungai di desa bisa terawat dengan baik. “Kemudian juga harapan saya di sini adalah pemerintah provinsi, kabupaten/kota, bisa mengalokasikan APBD mereka untuk digunakan bagi masyarakat yang ada di sepanjang sungai,” kata Doni dalam konferensi pers usai melakukan kunjungan kerja ke hulu Sungai Ciliwung, Selasa (20/10/2020)

Doni pun mencontohkan dengan pemerintah mengalokasikan APBD untuk menambah dana desa bagi desa yang dialiri sungai. Ia mengatakan, dengan menambah dana desa, kepala desa jadi memiliki kekuatan lebih untuk merawat sungai di daerahnya. “Sehingga kepala desa punya lebih banyak kekuatan untuk menggerakkan masyarakat, melakukan perawatan kepada sungai,” ujarnya. Selain itu, Doni juga berharap masyarakat yang di dekat sungai bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan sungai.

 

Mulai dari menjadikannya tempat pariwisata atau tempat hiburan bagi warga lokal atau warga lain yang datang ke desa. “Bisa menjadi sarana untuk pariwisata, untuk rekreasi, dan untuk hiburan seperti mancing dan saya juga berpikir bahwa, balai balai pembenihan,” ucapnya. “Perikanan air tawar itu lebih banyak lagi memproduksi ikan-ikan yang kiranya bisa disebarkan ke sejumlah sungai anak sungai, saya bahkan punya istilah sampai cucu sungai,” ucap dia.

 

 

Kontributor: Dwitya Yonathan

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami