HukumNasionalPailit

Sariwangi Dinyatakan Pailit Oleh PN Jakarta Pusat

BTN iklan

JAKARTA, LEI – PT Sariwangi Agricultural Estate Agency (SAEA) telah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Perusahaan dianggap telah melanggar perjanjian perdamaian terkait utang piutang dengan PT Bank ICBC Indonesia.

Menurut pandangan Ketua Dewan Teh Indonesia Bambang Murtioso, menurunnya kinerja perusahaan SAEA lebih karena adanya kesalahan strategi bisnis. Beberapa tahun lalu perusahaan berinvestasi di sektor hulu dengan membangun teknologi pengairan untuk kebunnya.

Bambang menilai investasi itu, tidak efisien bagi bisnis teh di tanah air. Sebab fungsi dari teknologi pengolah air itu tidak efektif dalam memasok kebutuhan air ke perkebunannya.

Tak hanya Sariwangi, Bank ICBC Indonesia juga mengajukan pembatalan perdamaian dengan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung. Perusahaan yang masih dalam Sariwangi Group itu juga ikut dinyatakan pailit.

Setelah tagihan kredit utang bermasalah Bank ICBC Indonesia sepakat dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Total utang Sariwangi kepada Bank ICBC Indonesia saat itu mencapai US$ 20.505.166 atau sekitar Rp 309,6 miliar.

Namun sejak perjanjian itu pihak Sariwangi tidak memenuhi perjanjian dengan membayar cicilan utang. Hingga akhirnya PT Bank ICBC Indonesia mengajukan pembatalan perjanjian perdamaian.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close