Liputan

Satpol PP Gorontalo Musnahkan Ribuan Botol Miras

BTN iklan

Gorontalo, 23/12 (Antara) – Satuan Polisi Pamong Praha (Satpol PP) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo memusnahkan 2.961 botol minuman keras berbagai merk di halaman kantor Bupati Gorontalo, Jumat.

Kepala Satpol PP Kabupaten Gorontalo, Husain Ui mengatakan bahwa miras yang dimusnahkan dengan cara di hancurkan kedalam truk itu merupakan hasil operasi jajarannya selama bulan Oktober hingga Desember 2017.

“Sebelum dilakukan pemusnahan, kita telah melewati berbagai proses hukum dan denda yang masuk ke kas daerah tercatat sebesar Rp4 juta,” ujarnya.

Denda tersebut ungkap Husain, diberikan langsung dari hasil putusan pengadilan terkait laporan temuan minuman keras dari Satpol PP.

“Minuman beralkohol golongan A sebenarnya bisa dijual, namun sesuai ketentuan Perda Nomor 6 Tahun 2009, miras tidak bisa dijual dekat sekolah ataupun tempat ibadah, maka jika ada yang menjual di dekat kedua lokasi itu, akan ditindak karena merupakan pelanggaran,” tegas dia.

Sedangkan untuk miras golongan B dan C tidak bisa dijual secara bebas dan harus memiliki izin dari pemerintah daerah setempat.

“Ada sekitar 400 kasus yang kami tangani, namun ada juga yang tidak diproses hukum karena ada masyarakat kurang mampu yang kedapatan memiliki beberapa botol miras, dan jika hal itu dibawa ke proses pengadilan maka akan membebani mereka,” kata Husain.

Untuk itu, pihaknya terus memberikan sosialisasi serta pembinaan agar mereka tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut.

“Saat mereka sudah menyatakan diri tidak akan mengulangi lagi dan sesuai pantauan kami tidak menjual miras, maka hanya akan diberikan pembinaan,” pungkasnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami