Liputan

“Satu Pulau Satu Suara” Gelar Bali Bersih-bersih

BTN iklan

Jakarta/Lei- “Satu Pulau Satu Suara” akan kembali menyelenggarakan aksi bersih bersih pulau di Bali pada tanggal 24 Februari 2018.

Ketua Bye Bye Plastic Bags dan Satu Pulau Satu Suara Melati Wijsen mengatakan tahun ini aksi bersih – bersih pulau tidak hanya diadakan di Bali namun aksi ini akan mengajak seluruh masyarakat melakukan aksi bersih-bersih di pulau mereka masing-masing.

Indonesia menjadi negara penyumbang sampah di laut dengan perkiraan 1.29 juta metrik ton sampah dihasilkan tiap tahunnya.

Melati Wijsen menambahkan bahwa setiap musim penghujan Bali dipenuhi sampah dan bahkan baru-baru ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung mendeklarasikan “keadaan darurat sampah” di sepanjang enam kilometer garis pantai yang mencakup pantai populer seperti Jimbaran, Kuta,dan Seminyak. Hal ini membuat daya tarik wisata Bali menurun, berjuta ton sampah plastik tersebut dapat membahayakan kehidupan laut dan manusia.

Aksi bersih bersih pulau di Bali rencananya akan lebih banyak mengajak masyarakat Bali untuk melakukan aksi nyata bukan sekedar saling melempar tanggung jawab.

Kampanye Satu Pulau Satu Suara dengan aksi bersih-bersih pulau mengajak seluruh pihak mulai dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat untuk membantu menyelesaikan permasalahan sampah segera mungkin untuk menghentikan bencana ekologis yang bukan hanya ada di Bali namun juga di seluruh pesisir pantai di Indonesia dan menjadikan permasalahan sampah sebagai prioritas pemerintah dalam mengatasinya.

Melalui kampanye Satu Pulau Satu Suara yang diawali dengan pemberian stiker untuk menyoroti dan mempromosikan toko, restoran dan hotel yang bebas dari kantong plastik.

Februari lalu, Satu Pulau Satu Suara menyelenggarakan Bali’s Biggest Beach Clean-up, mereka memobilisasi 12 ribu orang di 55 lokasi di sekitar Bali dan mengumpulkan 40 ton sampah dalam satu hari.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami