LiputanNasional

SEBA BADUY, LOYALITAS MASYARAKAT PADA LELUHUR DAN PIMPINAN

BTN iklan

Masyarakat Baduy Memulai Acara Adat Seba Hari Ini

 

gunung teu meunang dilebur

lebak teu meunang diruksak

larangan teu meunang dirempak

buyut teu meunang dirobah

lojor teu meunang dipotong

pendek teu meunang disambung

nu lain kudu dilainkeun

nu ulah kudu diulahkeun

nu enya kudu dienyakeun

Filosofi itulah hingga kini tetap aktual bagi komunitas Baduy dipedalaman Lebak yang merayakan tradisi upacara Seba sebagai wujud ungkapan syukur kepada Bapak Bapak Gede (Bupati atau kepala pemerintahan daerah).

Perayaan adat Seba, menurut warga Baduy, merupakan peninggalan leluhur tetua (Kokolot) yang harus dilaksanakan sekali dalam setiap tahun. Acara itu digelar setelah musim panen ladang huma, bahkan tradisi sudah berlangsung ratusan tahun sejak zaman Kesultanan Banten di Kabupaten Serang.

Seba Baduy, adalah upacara tahunan terbesar masyarakat Kanekes atau yang lebih kita kenal dengan suku  Baduy,  Di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Kata Seba secara pengertian bebas adalah menyerahkan secara sukarela. Acara Seba sudah dilakukan sejak keberadaan masyarakat Baduy secara terus-menerus setiap tahunnya. Untuk menentukan hari Seba baduy, para pemuka adat Baduy Dalam yang kita sebut Puun di tiga kampung Baduy Dalam. Mereka menentukan hari Seba menurut kalender lunar yang berlalu hanya di kalangan masyarakat Baduy.

Sumber foto : http://lifestyle.okezone.com

Seba itu sediri merupakan menyerahan hasil tani atau hasil bumi pada pemerintah setempat yang biasa kita sebut dengan upeti pada kerajaan, itu semua merupakan rasa syukur masyarakat baduy luar dan baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah, kegiatan seba ini tanpa ada paksaan dari manapun masyarakat baduy luar yang dipimpin oleh Jaro maupun baduy dalam yang dipimpin oleh Puun, bersama-sama berbondong-bondong membawa hasil tani tersebut pada pemerintahan yang saat itu diserahkan pada Bupati Lebak secara langsung di pendopo Kabupaten Lebak.

Prosesi upacara Seba suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan menjadikan ketetapan Lembaga Adat Masyarakat Baduy yang diterapkan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Seba itu titipan adat yang harus dijalankan karena jika tidak dilaksanakan khawatir kami kualat. Namun demikian, kendati melelahkan Seba itu, ia merasa senang selain bisa bertemu langsung bersama Bupati dan aparat Muspida setempat.

Acara Seba juga sebagai permohonan warga Baduy untuk meminta perlindungan kepada Bupati sebagai kepala daerah dan Kepolisian setempat, agar ditegakan hukum bagi pelaku kerusakan hutan maupun pemilik ternak yang masuk ke wilayah kawasan Baduy. Warga Baduy berharap dalam kehidupannya dilindungi oleh pemerintah daerah sehingga warga Baduy merasa tenang dalam menjalankan aktivitas pertanian.

Seba dijadikan sebuah kegiatan terbesar yang bisa dilihat masyarakat umum setelah selama tiga bulan berturut-turut menjalani bulan suci Kawalu di tiga kampung Baduy Dalam. Rangkaian acara pokoknya antara lain ribuan masyarakat kampung Baduy dengan berpakaian adat tradisional mereka Serba Hitam untuk Baduy luar, dan seba putih untuk Baduy dalam bersama-sama menyerahkan sebagian hasil panen padi huma dan hasil bumi lainnya ke Bapak Gede atau Ibu Gede. Hasil panen yang diserahkan dipastikan adalah hasil panenan terbaik karena akan dijadikan bukti syukur dan pembaktian kepada Bapak Gede. Bapak Gede atau Ibu Gede yaitu pejabat pemerintahan sebagai ucapan bukti bersyukur karena panen tahun ini berlimpah. Selain itu, dalam acara ini juga masyarakat Baduy memohon doa dari para Bapak Gede atau ibu gede agar masyarakat Baduy tetap hidup tentram, tidak ada musibah, wabah penyakit, bencana yang melanda kampung meraka dan dapat melestarikan adat tradisional serta melestarikan lingkungan dan hutan sebagai warisan untuk generasi mendatang. (Cungkring)

Perlihatkan Lebih

6 Komentar

  1. Hi! Ƭһiѕ post ϲouldn’t Ƅе ѡritten aany bеtter! Reading through tһiѕ post reminds me of
    mу previߋus room mate! He always kept talking about tһіѕ.
    I will forward this post to һim. Faitly certazin һe will have a ցood reaⅾ.
    Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami