Internasional

Sebar Leaflet, Israel Imbau Warga Gaza Menjauh dari Perbatasan

BTN iklan

JALUR GAZA (LEI) – Militer Israel, IDF, mengingatkan warga Palestina di Jalur Gaza agar tidak mendekati tembok perbatasan pada Jumat 20 April. Peringatan itu diberikan lewat leaflet yang disebarkan lewat udara di Jalur Gaza.

“Organisasi teror Hamas memanfaatkan Anda untuk melakukan serangan teror. IDF siap menghadapi segala skenario. Tolong jauhi pagar dan mohon jangan dirusak,” tulis IDF dalam leaflet yang disebarkan dengan pesawat pada Jumat dini hari waktu setempat, dinukil dari Reuters, Sabtu (21/4/2018).

Ratusan ribu warga Palestina diprediksi akan kembali berkumpul di sekitar perbatasan Gaza dengan Israel untuk melancarkan aksi unjuk rasa. Demonstrasi besar-besaran itu sudah dilakukan sejak 30 Maret dan dilakukan setiap Jumat hingga beberapa pekan mendatang.

Unjuk rasa tersebut selalu diwarnai dengan kekerasan. Setiap pekan, warga Gaza melempar batu dan membakar ban di dekat pagar perbatasan dengan Israel. IDF merespons unjuk rasa tersebut dengan tindakan tegas hingga mengakibatkan 31 orang warga Palestina tewas serta melukai ratusan lainnya.

Masker dan Kostum Unik Warga Palestina Saat Unjuk Rasa di Jalur Gaza

IDF tidak segan-segan untuk menembak pengunjuk rasa yang mendekat atau dinilai berada terlalu dekat dengan pagar perbatasan. Taktik tersebut mendapat kecaman dari dunia internasional karena dianggap melanggar hak asasi manusia (HAM).

Militer Israel menempatkan 100 orang penembak jitu di perbatasan dengan Jalur Gaza untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Israel menuduh kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza berada di balik aksi unjuk rasa tersebut.

Unjuk rasa tersebut digelar guna memperingati ‘Land Day’ serta mendesak agar para pengungsi Palestina diberikan hak untuk kembali ke wilayahnya yang kini dikuasai Israel. Demonstrasi besar-besaran tersebut dijadwalkan berlangsung selama enam pekan sejak 30 Maret untuk menandai ‘Hari Nakba’ atau hari penderitaan bagi warga Palestina yang tanahnya direbut Israel. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close