Internasional

Sebentar Lagi Jepang Bakal Bertemu Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

BTN iklan

Jakarta (LEI) – Pemerintah Jepang mengumumkan sebuah rencana pertemuan bilateral tingkat tinggi dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Surat kabar Asahi pada Kamis, 29 Maret 2018 melaporkan Pyonyang telah mendiskusikan dengan pemimpin Partai Buruh Korea soal kemungkinan pertemuannya dengan Tokyo.

Sumber dari Korea Utara yang tidak mau dipublikasi identitasnya mengatakan pemerintah Jepang telah mengekspresikan harapan untuk menjadi tuan rumah pertemuan bilateral ini. Pertemuan bisa dilakukan di Asosiasi Penduduk Korea di Jepang atau Chongryon.

“Kami telah berkomunikasi dengan Korea Utara melalui sejumlah kesempatan, diantaranya melalui kedutaan besar kami di Beijing, namun saya akan menarik diri dari mengatakan hal-hal yang spesifik,” kata Kepala Sekertaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, dikutip dari Reuters, Jumat, 30 Maret 2018.

Sementara itu, sumber di pemerintah Jepang mengatakan kepada Reuters gagasan pertemuan bilateral ini mengemuka pada pertengahan Maret lalu. Ketika itu, Jepang telah mempertimbangkan pertemuan antara Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dengan Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara. Pertemuan keduanya untuk membahas warga negara Jepang yang diculik oleh agen-agen Korea Utara beberapa puluh tahun lalu.

Foto yang diambil dari rekaman video, memperlihatkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tengah melakukan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping dalam kunjungannya ke Cina, 28 Maret 2018. CCTV via Reuters TV

Surat kabar Asahi sebelumnya mewartakan pemerintah Korea Utara telah menjelaskan mengenai rencana-rencana diplomatiknya dengan pemerintah Korea Selatan, Amerika Serikat, Cina, Jepang dan Rusia. Laporan itu dibuktikan dengan pertemuan Presiden Cina Xi Jinpin dengan Kim Jong-un pada pekan ini.

Pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah direncanakan pada April dan Mei 2018. Asahi dalam pemberitaannya menyebut kemungkinan pertemuan bilateral antara Abe dengan Kim Jong Un pada awal Juni 2018. (tempo)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close