Internasional

Sedikitnya 357 Orang Tewas Akibat Bencana Banjir Muson India

BTN iklan

KOCHI (LEI) – Bencana banjir yang melanda negara bagian Kerala, India sejak Mei telah menewaskan sedikitnya 357 orang. Banjir kali ini merupakan yang terburuk yang pernah terjadi di negara bagian itu dalam setidaknya seabad terakhir.

Daerah tujuan wisata itu telah dihantam oleh hujan muson lebat sejak akhir Mei lalu. Hujan tersebut telah memicu berbagai bencana seperti longsor dan banjir bandang yang menyapu seluruh desa.

Pernyataan pejabat informasi Kerala yang dilansir PressTV, Minggu (19/8/2018) menyebutkan, sejak hujan muson mulai turun pada 29 Mei sampai hari ini total 357 orang telah kehilangan nyawa mereka. Kerusakan infrastruktur yang diakibatkan oleh banjir dan bencana-bencana lainnya diperkirakan mencapai USD3 miliar.

Sekira 335.000 orang telah mengungsi ke shelter-shelter di 3.026 kamp pengungsian yang disediakan pemerintah. Ribuan tentara angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara juga telah dikerahkan untuk menyisir dan membantu korban yang masih terjebak.

Jalan dan 134 jembatan mengalami kerusakan, mengisolasi daerah-daerah terpencil di distrik-distrik berbukit di negara bagian yang paling parah terkena dampaknya. Penduduk yang panik telah meminta bantuan melalui media sosial, mengatakan mereka tidak bisa menjangkau dinas penyelamat.

“Menurut perkiraan awal, kerugian karena banjir Kerala adalah 19.512 crore rupee (USD2,9 miliar). Kerugian yang sebenarnya dapat diperkirakan hanya setelah air surut,” demikian disampaikan pernyataan dari kementerian informasi.

Menteri negara bagian telah meminta lebih banyak dana serta 20 helikopter dan 600 kapal bermesin untuk meningkatkan upaya penyelamatan.

Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan tur inspeksi udara singkat ke negara bagian itu Sabtu dan mengumumkan hibah segera sebesar USD75 juta. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close