Internasional

Sedikitnya Tiga Orang Tewas dalam Demonstrasi Anti-Pemerintah di Nikaragua

BTN iklan

MANAGUA (LEI) – Demonstrasi anti-pemerintah terkait perubahan jaminan sosial dan pensiun telah menyebabkan sedikitnya tiga orang, termasuk seorang petugas kepolisian. Polisi anti huru hara menggunakan gas air mata untuk membubarkan demonstran di tengah unjuk rasa yang memasuki hari ketiga.

Rakyat Nikaragua telah menggelar unjuk rasa selama tiga hari berturut-turut menentang pemerintah yang mengesahkan perubahan jaminan sosial masyarakat menjadi undang-undang pekan ini. Undang-undang tersebut memperbesar kontribusi para pekerja dan mengurangi pensiun.

BBC Sabtu (21/4/2018) melaporkan, ratusan pensiunan turun ke jalan pada Rabu, diikuti oleh ribuan pelajar dan pekerja di kota-kota di seluruh Managua. Pada Kamis, seorang petugas kepolisian dan seorang pemuda tewas ditembak di Ibu Kota Managua, sementara seorang demonstran muda lainnya tertembak di Kota Tipitapa, timur laut Managua.

Demonstrasi berlanjut hingga Jumat dengan polisi anti huru hara menggunakan gas air mata untuk membubarkan unjuk rasa. Tidak diketahui apakah ada korban lainnya, tetapi Palang Merah di Nikaragua mengatakan telah merawat 48 orang yang mengalami luka-luka dalam unjuk rasa.

Presiden Daniel Ortega belum muncul di depan publik sejak demonstrasi berlangsung .Keadaan yang berlangsung ditangani oleh Wakil Presiden sekaligus Ibu Negara, Rosario Murillo yang menyamakan para demonstran sebagai “vampir yang menginginkan darah untuk agenda politik mereka”.

Pengunjuk rasa di berbagai kota mengatakan polisi memukuli mereka dan pemerintah telah mengirimkan kelompok pendukungnya yang dikenal dengan nama “colectivos” untuk menghajar mereka.

Seorang juru bicara Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Liz Throssell, mendesak Pemerintah Nicaragua untuk mencegah serangan lebih lanjut terhadap demonstran dan media. Dia juga mendesak para demonstran untuk berdemonstrasi “secara damai”. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. This is the right website for everyone who wishes to understand this topic.
    You realize so much its almost hard to argue with
    you (not that I really will need to…HaHa). You definitely put a brand new
    spin on a subject that’s been written about for a long time.
    Great stuff, just excellent!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami