Tekno

Segera Matikan Komputer Jika Muncul Warning Virus PETYA

BTN iklan

Jakarta, LEI – Pakar Telematika, Abimanyu Wahjoehidayat menganjurkan agar segera mematikan komputer jika muncul warning terserang virus PETYA dan ada perintah tidak boleh mematikan komputer.

Abimanyu dalam siaran pers, Jumat (30/6/2017), menyampaikan, itu merupakan langkah pertama jika komputer terserang virus PETYA, karena bisa jadi banyak yang masih bisa diselamatkan dari komputer tersebut.

Abimanyu mengatakan untuk mencabut Harddisk dari komputer, lalu pasang di removeable disk pada komputer bersih yang dijadikan master. Harddisk yang terinfeksi jadikan slave disk. Jangan jalankan program apapun dan mulailah menyalin file-file data.

Langkah kedua, lanjut Abimayu seperti dilansir Antaranews, jangan lupa rajin membuat back up data ke media lain seperti flash disk atau harddisk portable untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Ketiga, jika sepertinya komputer Anda sudah terinfeksi, cukup buat file gadungan namanya perfc.dll, perfc dan perfc.dat dan si program akan berhenti berkembang. Keempat, komputer yang masih sehat segera putuskan diri dari jaringan (wired/wireless)

Kelima, beritahu kepada semua staff jangan pernah membuka file dari yang tidak dikenal dan beri sanksi yang berat kepada yang melanggar. Keenam, jika menerima email dari sumber yang tidak jelas, lebih baik alihkan file itu ke bagian IT untuk diperiksa.

Berbeda dengan WannaCry yang menyebar melalui SMB Server Message Block atau dikenal dengan EthernalBlue, Petya hanya menyebar pada komputer yang satu jaringan.

WannaCry minta ransome ke satu akun saja, sedangkan Petya ke banyak akun, tujuannya adalah agar lebih sulit terlacak pelakunya.

Abimayu menganjurkan untuk tidak membayar sepeser pun, karena meski sudah dibayar Petya tidak bisa mengembalikan data yang rusak karena yang sekarang tersebar bukan ransome tapi wipe out.

Selain itu, jangan lengah dan segera backup komputer bila masih selamat dari virus. Terakhir, lakukan pemutakhiran patch Windows.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami