Internasional

Sejarah Aplikasi Video Singkat TikTok dan Musical.ly Sebelum Keduanya Bersatu

BTN iklan

(LEI)-Pada tanggal 2 Agustus 2018 lalu, ByteDance mengumumkan akan menutup aplikasi video singkat yang mereka miliki, yaitu Musical.ly. Para pengguna dan fitur-fitur unik yang ada di dalam Musical.ly akan dipindahkan ke TikTok, aplikasi video singkat lain yang juga dimiliki oleh ByteDance. TikTok sendiri akan mengalami perubahan tampilan, logo, dan mempunyai beberapa fitur baru.

Langkah ByteDance menggabungkan kedua aplikasi populer yang mereka miliki muncul setelah Facebook pada Juni 2018 lalu mengumumkan akan membuat fitur menyanyi secara lip sync. Merekam aksi menyanyi secara lip sync merupakan salah satu fitur unggulan yang ada di Musical.ly dan TikTok.

Saat ini TikTok mengklaim telah mempunyai sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan (MAU), sedangkan Musical.ly memiliki 100 juta. Dengan bergabungnya kedua aplikasi tersebut, maka Bytedance akan mempunyai total 600 juta pengguna aktif, serta berpotensi menggaet lebih banyak lagi pengguna.

Bagaimana sebenarnya perjalanan Musical.ly dan TikTok sejak berdiri hingga sekarang?

Berawal dari sebuah aplikasi pendidikan

Pendidikan tinggi | Ilustrasi

Ketika mendirikan perusahaan yang menjadi cikal bakal Musical.ly pada tahun 2014, Alex Zhu sebenarnya berniat membuat sebuah aplikasi video singkat untuk pendidikan bernama Cicada. Namun beberapa bulan berselang, ia tak kunjung mendapatkan banyak pengguna.

Zhu mengandalkan pendanaan sebesar US$250.000 (sekitar Rp3,1 miliar) untuk mendirikan startup tersebut. Seiring berjalannya perusahaan dan uang tersebut sudah hampir habis, Zhu memutuskan bahwa ia harus melakukan perubahan besar terhadap startup yang ia bangun.

Pertumbuhan mereka terus menanjak hingga berhasil menjadi salah satu aplikasi yang berada di peringkat teratas Apple App Store

Aplikasi Cicada kemudian diubah menjadi berisi video hiburan, serta mengganti namanya menjadi Musical.ly. Sejak saat itu, pertumbuhan mereka terus menanjak hingga berhasil menjadi salah satu aplikasi yang berada di peringkat teratas Apple App Store wilayah Amerika Serikat.

Pertumbuhan tersebut ternyata juga mengundang investor untuk memberikan pendanaan. Pada Agustus 2015, Musical.ly berhasil meraih pendanaan Seri B sebesar US$16,6 juta (sekitar Rp240 miliar) yang dipimpin oleh Susquehanna International Group. Setahun berselang, mereka juga berhasil meraih pendanaan Seri C sebesar US$130 juta (sekitar Rp1,8 triliun) yang dipimpin oleh GGV Capital, GX Capital, dan Qiming Venture Partners.

Sama-sama melakukan ekspansi ke Indonesia

Tik Tok

Melihat perkembangan Musical.ly yang begitu pesat, perusahaan teknologi asal Cina yang bernama ByteDance memutuskan untuk membuat aplikasi serupa yang bernama Douyin. Untuk pengguna di luar Cina, aplikasi tersebut dikenal dengan nama TikTok.

Demi memperluas pasar, Musical.ly memutuskan untuk hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2017. Di saat yang hampir bersamaan, TikTok pun mengikuti langkah tersebut.

read also

Namun persaingan keduanya tidak berlangsung lama. Menjelang akhir 2017, ByteDance memutuskan untuk mengakuisisi Musical.ly dengan nilai yang cukup besar, US$1 miliar (sekitar Rp14 triliun). Founder Musical.ly Alex Zhu kini menempati posisi sebagai Senior Vice President TikTok.

Setelah beroperasi secara terpisah selama sekitar setengah tahun, ByteDance pun mengambil langkah besar dengan menyatukan kedua aplikasi tersebut.

Infografik TikTok Musically 2

(idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. Dear Sir/Madam,

    Has trouble in position or setting your audio speakers because of bothersome electrical wiring?
    A straightforward adapter/ center can transform your audio speaker to be cordless one!

    Do away with the untidy cable televisions, cords.

    Connect for more details:

    https://www.bluetooth-device.com/index.php?route=product/product&product_id=152

    We just create ideal items, both in feature and outlook design

    Have a nice day!
    Best concerns,
    Joseph
    Sales Manager
    Bluetooth Device
    6F Leader Industrial Centre,
    57 Au Pui Wan Street,
    Fo Tan,
    Hong Kong
    Whatsapp/wechat: 852-64628287
    Email: [email protected]

    Why select us?

    Most recent service design– Producers union to conserve your time and also price

    We created a Mobile Accessories Manufacturers Union with our extremely- closed manufacturing facilities and also we had the business shares each other to ensure that dealers can put orders for different mobile devices products in a more convenient way without the unneeded expense by trading firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close