Hukum

Sejumlah Parpol Dinilai Hanya Cari Aman dalam Pengesahan Perppu Ormas

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Beberapa partai politik (parpol) dinilai hanya cari aman dalam polemik pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang kini telah sah menjadi Undang-undang.

Dalam paripurna yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), fraksi-fraksi di legislatif terbelah. Sebagian mendukung seratus persen, sebagian tegas menolak dan sebagiannya lagi, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyatakan sikap berbeda, yakni mendukung dengan catatan.

Sikap tiga partai itulah yang kemudian memicu pertanyaan. Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai ketiga partai tersebut tak berani ambil risiko dan hanya cari aman dalam konteks pengesahan Perppu Ormas.

“Pertama, tentu kita melihat ada tiga posisi di situ. Ada yang betul-betul seratus persen menolak, yang seratus persen mendukung. Nah, di tengah-tengah itu biasanya cenderung mereka, partai-partai yang tidak terlalu mengambil risiko,” kata Pangi dilansir dari laman Okezone.

Secara politis, langkah itu, disebut Pangi sebagai cara yang dilakukan ketiga parpol itu untuk memperoleh sebanyak mungkin dukungan. Selain itu, langkah tersebut juga dapat dimaknai sebagai cara ketiga partai untuk menghindari polemik yang dapat merugikan mereka secara politik.

“Karena dia cenderung ingin mengambil ceruk segmen yang nasionalis dan mereka juga tapi tidak ingin menyinggung perasaan, ketika mereka menolak atau mendukung,” kata Pangi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami