Nasional

Seluruh Wilayah Jawa Diguyur Hujan, Ini Penjelasannya

BTN iklan

SURABAYA, (LEI) – Mendung hitam tebal disertai angin kencang kemarin (30/11) sempat menutupi langit Surabaya. Nampaknya bukan hanya Surabaya saja, namun hampir seluruh wilayah Jawa.

Petugas BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika) Tanjung Perak Surabaya, Ari Wijayanto mengatakan mendung tersebut merupakan akumulasi awan hujan yang tinggi.

“Mendung ini merupakan efek dari uap air yang terjadi dari pagi sejak siang. Uap ini cepat terjadi karena atmosfir di atas Indonesia sedang basah,” kata Ari saat dihubungi Kamis (30/11) kemarin.

Tidak hanya Surabaya, hampir semua atmosfir di wilayah Indonesia sedang basah. Itu karena terdapatnya palung di atas Indonesia. “Palungnya sepanjang wilayah Indonesia. Mulai barat sampai ke timur,” terang Ari.

Palung ini memiliki tekanan udara yang rendah. Akibatnya, awan yang mengandung uap air berkumpul di tempat ini.

Awan-awan tersebut berasal dari daerah lain yang memiliki tekanan udara yang tinggi. “Akibatnya, hujan deras terjadi di hampir seluruh wilayah Jawa,” ucap Ari.

Namun, lanjut Ari, untuk Kamis (30/11) kemarin, awan gelap di atas Surabaya cepat menghilang dan langit kembali cerah. “Tapi kita harus tetap waspada. Sebab hujan akan cepat terjadi. Itu karena banyak awan hujan yang mengumpul. Hujan lebat akan terjadi sampai tiga hari mendatang,” tambah Ari.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close