LiputanNasional

Semangat Kartini Mendorong Kemajuan Wanita Indonesia

BTN iklan

Jakarta/lei — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, semangat Kartini mendorong kemajuan wanita Indonesia. Dan faktanya cukup konkrit, sembilan dari 34 menteri Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah perempuan. Siti memiliki tugas yang cukup berat, yakni menangani masalah kebakaran hutan, pelestarian lingkungan, pengelolaan cagar alam, hingga masalah limbah.Hasil gambar untuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar

Siti mengharapkan, kehadiran “kartini-kartini” di dalam Kabinet Kerja mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya dalam memperjuangkan hak dan semangat pemberdayaan wanita.

Sosok perempuan Indonesia, di mata Siti, adalah mahluk yang kuat dan serba bisa. Tidak hanya urusan dapur, perempuan-perempuan di daerah di Indonesia juga ada yang memiliki tugas sebagai pencari nafkah sebagai petani ataupun sebagai pegiat lingkungan hidup.

“Perempuan Indonesia itu di segala aspek kelihatan menonjol, apalagi di daerah-daerah kita di Indonesia juga posisinya dan statusnya berbeda-beda,” ujar wanita kelahiran Juli 1956 itu kepada Antara, Jumat (21/4), di Jakarta.

Siti menjelaskan, banyak juga perempuan yang menerima penghargaan pelestarian lingkungan hidup Kalpataru, yang semakin menjelaskan bahwa wanita memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan alam.

Dia tidak jarang blusukan ke pelosok untuk memantau kondisi lahan gambut, dan bahkan memonitor lahan hutan yang terbakar. Hutan di Sumatera, Kalimantan ataupun Papua pernah disambanginya. Tantangan bagi Kartini yang satu ini pun tidak kecil; sindikat perdagangan kayu yang melakukan illegal logging, mafia yang menjadi otak pembakaran lahan hutan, hingga penyelundup flora dan fauna khas Indonesia, juga hanya segelintir masalah yang harus diselesaikan Menteri LHK.

“Jadi pada prinsipnya terkait dengan alam dan lingkungan, perempuan cukup menonjol perannya,” ujar Siti.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami