Nasional

Semen Padang Peringati 108 Tahun

BTN iklan

PADANG, (LEI)  – PT Semen Padang akan memperingati HUT ke-108 tahun pada 18 Maret 2018 dengan menggelar sejumlah kegiatan pada Senin (19/3).

“Peringatan ke-108 tahun ini dirayakan secara sederhana, diawali dengan upacara HUT pendirian pabrik PT Semen Padang ke-108, pada Senin (19/3), dan olahraga senam pagi pada Rabu (21/3),” kata Kepala Biro Humas PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan acara HUT kali ini digelar sederhana, namun tidak mengurangi makna sejarah pendirian pabrik semen yang telah banyak berkontribusi pada modernisasi dan industrialisasi di negeri ini.

Upacara HUT pendiriaan pabrik PT Semen Padang ke-108 akan dimeriahkan dengan pembuatan konfigurasi 108 tahun yang akan dilakukan oleh 100 peserta upacara.

Sedangkan pada kegiatan senam pagi, akan menghadirkan pakar kesehatan, dan juga promosi UKM dengan pendirian stan di Plaza Kantor Pusat Semen Padang.

Nur Anita menyampaikan sejarah panjang telah dilewati PT Semen Padang dan pasang surut kinerja serta peristiwa juga telah dilalui sehingga perusahaan masih mampu bertahan di tengah sengit persaingan industri semen di Indonesia.

“Sungguh pencapaian luar biasa, PT Semen Padang mampu bertahan hingga usianya 108 tahun. Tak banyak perusahaan di negeri ini atau di dunia yang bisa bertahan hingga satu abad lebih, ini pantas disyukuri,” katanya pula.

Ia mengatakan, perkembangan dan eksistensi yang kuat ini dapat terwujud karena adanya komitmen, kerja keras seluruh karyawan, dukungan dari Semen Padang Grup, semua pemangku kepentingan serta dukungan sinergi dalam Semen Indonesia Grup yang semakin solid.

Wartawan senior Sumbar Khairul Jasmi menilai, sejarah keberadaan Semen Padang selama satu abad lebih telah berjalin berkelindan dengan sejarah masyarakat Minangkabau khususnya, bahkan dengan sejarah bangsa Indonesia.

Pabrik ini merupakan bagian penting dari sejarah modernisasi dan industrialisasi di Indonesia, karena merupakan pabrik semen dan industri besar pertama yang dibangun di Indonesia dan masih tetap eksis bahkan terus berkembang hingga seratus tahun kemudian, katanya.

Ia menyampaikan hari ini mungkin orang hanya memandang PT Semen Padang sebagai bagian kecil saja dari industri semen nasional, karena produksinya sekitar 6,5 juta ton setahun.

“Tapi seabad yang lalu, setelah dibangun 1910, pabrik semen di Bukit Indarung tersebut adalah segalanya bagi Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda,” katanya pula

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami