Internasional

Senator Senior AS: Trump Berhak Atas Nobel Perdamaian

BTN iklan

Washington (LEI) – Pernyataan dramatis disampaikan Senator senior Amerika Serikat (AS), Lindsey Graham, soal peran Presiden AS Donald Trump dalam upaya damai Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut). Graham menilai, Trump berhak mendapat hadiah nobel perdamaian.

Dikutip dari Fox News Insider, Senin (30/4/2018), Graham menyebut upaya damai di Semenanjung Korea dan penghentian sementara program nuklir Korut tak akan pernah terjadi tanpa campur tangan Trump.

“Donald Trump meyakinkan Korea Utara dan China bahwa dia serius untuk membawa perubahan. Kita memang belum ada di sana, tetapi jika ini terjadi, Presiden Trump layak mendapat Hadiah Nobel Perdamaian,” kata Graham pada acara ‘Fox & Friends’.

Graham menjelaskan, retorika Trump soal ‘api dan kemarahan’ dan sikapnya yang agresif telah membantu membawa Korut ke meja perundingan.

“Dia telah meyakinkan Korea Utara, Anda mendapat dua opsi – Anda bisa menjadi negara normal atau kami akan menjatuhkan Anda jika Anda terus berusaha membangun rudal untuk menghantam tanah air Amerika,” tutur Graham.

Senator Senior AS: Trump Berhak Atas Nobel Perdamaian
Lindsey Graham (Foto: Dok. Andrew Harrer/Bloomberg)

Graham menambahkan, apabila Kim Jong-Un terus-terus ‘bermain’ dengan mengembangkan program nuklirnya, maka dia telah membuat satu kesalahan.

“Kita akan menuju perdamaian atau kita akan berperang sekarang,” ujar Graham.

Pada Agustus 2017 lalu Trump mengeluarkan pernyataan keras terhadap Korea Utara. Trump menyebut negara itu akan mendapat ‘api dan kemarahan’ AS yang tak pernah dilihat dunia sebelumnya, jika Korut terus mengancam AS dengan nuklir. (detik)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami