Finansial

Senin Sore Rupiah Melemah

BTN iklan

Jakarta/Lei- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, bergerak melemah tipis sebesar tiga poin menjadi Rp13.507 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.504 per dolar Amerika Serikat (AS).

“The Fed kemungkinan dalam waktu dekat menaikkan suku bunga acuan, situasi itu membuat dolar AS mengalami apresiasi terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah,” kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin.

Kendati demikian, lanjut dia, apresiasi dolar AS cenderung terbatas mengingat potensi kenaikan suku bunga selanjutnya yakni pada 2018 mendatang diperkirakan tidak bakal agresif mengingat laju inflasi Amerika Serikat yang masih melambat.

“Pembuat kebijakan The Fed menekankan kekhawatiran atas inflasi yang rendah. Hal ini isyarat bahwa laju kenaikan suku bunga dapat menjadi lebih moderat dari ekspektasi sebelumnya,” katanya.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa pelemahan mata uang rupiah tidak terlepas dari adanya rumor berkurangnya kunjungan wisata ke Indonesia. seiring penutupan semestara bandara Ngurah Rai Denpasar yang diakibatkan erupsi gunung agung

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin (27/11) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.511 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.506 per dolar AS.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + three =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami