Internasional

Seorang Polisi Tewas Tertembak dan 3 Lainnya Terluka dalam Aksi Demonstrasi di Iran

BTN iklan

TEHERAN, Lei – Seorang perwira polisi dilaporkan tewas tertembak dan tiga lainnya terluka saat menghalau aksi demonstrasi anti-pemerintah yang memasuki hari kelima. Insiden ini merupakan laporan pertama kematian polisi atau dari pihak pemerintah sejak unjuk rasa pecah pada pekan lalu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 12 warga Iran peserta demonstrasi tewas saat menjalankan aksinya. Personel polisi yang tewas dan terluka tersebut diketahui tengah berjaga di Kota Najafabad. Mereka diduga kuat ditembak oleh peserta unjuk rasa demikian sebagaimana diwartakan Sky News, Selasa (2/1/2017).

“Seseorang sepertinya telah mengambil keuntungan dari kerusuhan yang terjadi di Kota Najafabad untuk melepaskan tembakan ke arah pasukan polisi. Pelaku menembak para polisi dengan senapan untuk berburu hingga menyebabkan tiga anggota terluka dan satu tewas,” ujar juru bicara kepolisian.

 Aksi unjuk rasa kembali berakhir dengan bentrokan mengerikan di Ibu Kota Teheran kemarin atau Senin 1 Januari 2018. Kantor berita Fars melaporkan sebuah mobil dibakar para peserta aksi yang sembari meneriakkan slogan-slogan anti pemerintah. Selain itu, mereka juga dilaporkan mencoba mengambil alih beberapa kantor poliai di Iran.

Aksi demonstrasi kali ini merupakan tantangan paling berani yang dilakukan warga Iran terhadap pemimpin mereka selama bertahun-tahun. Selain menyebabkan jatuhnya korban jiwa dari kedua belah pihak, aksi ini juga membuat Iran dalam situasi keamanan yang sangat tidak kondusif.

Pihak berwenang sejauh ini telah menahan sekira 400 orang yang dinilai melakukan aksi pelanggaran hukum. Aksi demonstrasi dipicu dengan kenaikan harga telur dan unggas sekira 40%. Hal ini kemudian mendorong masyarakat melakukan protes kekecewaan atas kesulitan ekonomi dan dugaan korupsi hingga berlanjut menjadi desakan agar meminta Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengundurkan diri.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami