Internasional

Seorang Tentara Korut Melarikan Diri ke Korsel

BTN iklan

PYONGYANG, (LEI) – Seorang tentara Korea Utara (Korut) dilaporkan melarikan diri menuju Korea Selatan (Korsel) dengan cara yang ekstrem. Tentara tersebut diketahui melarikan diri dengan cara berenang melintasi Sungai Han. Pembelotan ini merupakan aksi kedua dalam kurun waktu seminggu terakhir.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan, orang tersebut telah berenang melintasi bagian yang sangat sempit dari sungai dengan melapisi tubuhnya dengan busa sebagai bentuk kamuflase. Dan agar ia bisa tetap bertahan. Sebagaimana diwartakan BBC, Minggu (18/6/2017), pembelot tersebut diperkirakan berusia 20 tahun.

Kantor berita Yonhap melaporkan, tentara itu diduga berasal dari Gimpo, sebelah barat Ibu Kota Seoul.

“Jangan bunuh saya. Saya di sini untuk mencari perlindungan,” pinta tentara Korut tersebut ketika baru diselamatkan sebagaimana dijelaskan oleh seorang Marinir militer Korsel.

Kini pembelot tersebut tengah diinterogasi oleh pejabat militer setempat. Sebelumnya, seorang prajurit Korut menyeberangi zona demiliterisasi (DMZ) di Panmunjom tanpa dibekali sepucuk senjata pun ke Korsel untuk membelot. Zona Demiliterisasi Korea sendiri diperlengkapi dengan ribuan ranjau darat dan bentangan kawat berduri serta dijaga oleh puluhan ribu tentara di kedua sisi.

Korut dan Korsel secara teknis masih berperang, akibat konflik berkepanjangan sejak 1953 dengan sebuah gencatan senjata, bukan sebuah perjanjian damai formal. Pihak Korsel menyatakan lebih dari 30 ribu orang Korut telah membelot ke Korsel sejak berakhirnya Perang Korea, mayoritas dari mereka membelot melalui China.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami