Ekonomi

Sesmenkop dan UKM Kunjungi Pengrajin Batik di Pekalongan

BTN iklan

Pekalongan, LEI – Setelah membuka acara Pekan Batik Pekalongan 2017, Sekretaris Kementerian Koperasi (Sesmenkop) dan UKM, Agus Muharram, Rabu (4/10/2017), mengunjungi 5 pelaku usaha yang merupakan debitur dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM Persero) di desa Wonopringgo.

Dalam kunjungannya, Agus melalui siaran pers yang diterima LEI di Jakarta, Jumat (6/10/2017), memastikan produk-produk UKM sudah tersertifikasi dan memiliki keterangan produk yang jelas.

Agus berpesan, supaya para pengrajin batik dapat menjadikan pekerjaan sebagai budaya yang dipelihara terus menerus, dan secara turun temurun. “Sehingga bisa melestarikan khasanah pakaian Indonesia yaitu batik. Karena tanpa mereka, batik bisa saja hilang atau diambil alih oleh negara tetangga. Disini harus terjadi regenerasi,” ucapnya.

Untuk itu Agus mengharapkan agar para UKM tersebut mampu memanfaatkan dana pinjaman dari PT PNM Persero yang hingga saat ini nilai Non Performing Loan (NPL) di Wilayah Tegal dan Pekalongan, baik yaitu 0,7%.

Artinya, lanjut Agus, selain melestarikan budaya, mereka juga bertanggung jawab terhadap dana pinjaman. Selain itu, Agus juga meminta, agar PT. PNM mampu mengajak para UKM untuk naik kelas melalui pendampingan dan pembinaan.

Agus menekankan, bahwa untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan UKM, Kemenkop dan UKM siap memberikan fasilitas berupa pelatihan-pelatihan, dan pameran baik di daerah maupun di pusat.

Pemimpin Cabang ULAM Tegal PT PNM, Haryono, mengaku sangat senang atas kunjungan Sekretaris Kemenkop dan UKM ke 5 debiturnya. “Alhamdulillah Nasabah PT. PNM sebesar 1.443 mitra nasabah dan hari ini dikunjungi 5 mitra nasabah dengan total outstanding pembiayaan Rp 101,3 milyar dengan NPL sebesar 0,76% per akhir September 2017.

“Artinya, nasabah PNM sebesar 99,24 % lancar semuanya. Dan dengan kehadiran Pak Sekmenkop dan UKM yg juga sebagai Komisaris Utama PT. PNM Persero mendapatkan apresiasi yang bagus sekali, bahwa perhatian Komut PT. PNM tinggi sekali terhadap para nasabahnya,” kata Haryono.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami