Politik

Siapa Cawapres 2019? PROJO: Terserah Jokowi

BTN iklan

Jakarta, LEI – Pro Jokowi (PROJO) menyerahkan sepenuhnya kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk menentukan siapa calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya untuk maju pada pilpres 2019 mendatang.

“Kita ingin pemerintahan Jokowi ini sukses hingga 2024. Jadi kriteria cawapres, kami serahkan sepenuhnya kepada pak Jokowi,” kata Ketua Umum PROJO, Budi Arie Setiadi dalam diskusi bertajuk “Siapa Wapres Jokowi 2019?” di Jakarta, Jumat (20/10/2017).

PROJO menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan siapa pasangannya, karena menginginkan Jokowi mempunya otoritas untuk menentukan siapa sosok yang tepat dan bisa melengkapinya.

“Wapresnya yang sama-sama melengkapi dan mampu menjalankan program-programnya yang sebaik-baiknya. Jadi buat kami, jangan sampai wapres yang dipilih ini karena lebih banyak kepentingan elit politiknya,” kata Budi.

PROJO menginginkan calon wakil presiden yang dipilih nanti, itu karena bisa mewujudkan kepentingan rakyat. “Harus kita utamakan, karena Pak Jokowi ini ideologinya kerja,” katanya.

PROJO, lanjut Budi, mengharapkan capres yang akan mendampingi Jokowi mendatang juga bisa menutup kelemahan atau kekurangan Jokowi, serta mampu membuat gerak pemerintahan lebih cepat dan lebih mantap dalam mejalankan program-programnya.

“PROJO gak pernah marah terhadap wapres siapapun yang dipilih oleh Pak Jokowi. Seperti Pak Jokowi-JK, sebenarnya kalau kita jujur, 2014 kita punya kriteria tertentu, tapi bagi kami, siapapun wakil presidennya, siapapun capresnya kita yang penting Jokowi,” tandasnya.

Soal bahwa beberapa partai mencoba menyodorkan kadernya untuk mendampingi Jokowi, Budi menilai itu merupakan hal wajar, karena parpol mempunyai kepentingan untuk merekomendasikan kadernya.

“Untuk mendudukan calon dalam kontestasi kepemimpinan nasional, itu juga hal yang lumrah. Namanya partai politik, kan didirikan untuk merebut kekuasaan secara demokratis dan konstitusional. Dan partai politik pasti menyodorkan calonnya dong,” kata Budi.

Namun yang menjadi persoalan, seperti hasil survei Indikator, bahwa calon pendamping Jokowi ada tiga opsi. “Ada tiga kriteria bagaimana memenangkan kontetasi 2019, bagaimana menjalankan pemerintahan di 2019, dan bagiamana konsolidasi pendukung Jokowi di 2019 mendatang. Itu kriteria penting tadi,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami