Politik

Sidang Tahunan MPR RI, Laporan Pertanggungjawaban kepada Rakyat

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI merupakan bentuk pertanggungjawaban lembaga negara terhadap rakyat melalui penyampaian laporan kinerja lembaga yang dibacakan oleh Presiden sebagai Kepala Negara.

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono di Jakarta, Rabu mengatakan Sidang Tahunan yang digelar pada 16 Agustus tersebut dengan agenda penyampaian laporan kinerja lembaga negara, diharapkan dapat membuat masyarakat memahami dan mengetahui apa yang dilakukan oleh Presiden, MPR, DPR, DPD, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial.

“Sehingga muncul kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara,” ujarnya.

Kepercayaan itu menurut Ma’ruf sebagai bentuk kedaulatan rakyat.

Masing-masing lembaga mempunyai mekanisme tersendiri dalam penyampaian laporan kinerjanya namun sebagai lembaga negara yang mandatnya diberikan oleh undang-undang dasar tentu kinerja harus dilaporkan kepada rakyat.

“Sidang tahunan MPR paling tepat untuk mewadahi laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan kepada masyarakat,” paparnya.

MPR RI memfasilitasi lembaga negara dalam penyampaian laporan kinerjanya kepada masyarakat dan diharapkan hal itu dapat mendorong pula akuntabilitas publik masing-masing lembaga negara.

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, pada 16 Agustus diselenggarakan tiga kegiatan sidang di parlemen.

Yang pertama adalah Sidang Tahunan MPR RI dengan agenda penyampaian laporan kinerja lembaga negara yang dibacakan oleh Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya pelaksaan sidang bersama DPR dan DPD RI untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden dan pada siang harinya mulai pukul 14.00 akan diselenggarakan Sidang paripurna DPR RI dengan agenda pembacaan nota keuangan pemerintah dan APBN 2018. [antaranews]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami