Hukum

Sindikat Penyebar Kebencian di Dunia Maya Terciduk

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Anggota Komisi I DPR RI Arwani Thomafi berharap adanya keadaan yang kembali sejuk di masyarakat, terutama saat menggunakan media sosial pasca terungkapnya kelompok Saracen oleh Bareskrim Mabes Polri.

Diketahui, Saracen merupakan sindikat penyebar konten negatif yang menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan, serta ujaran kebencian.

“Dengan pengungkapan jaringan Saracen ini diharapkan suasana dan kondisi di media sosial kembali sejuk,” ujar Arwani kepada wartawan, Jumat (25/8/2017).

Melalui penangkapan sindikat Saracen ini, menurut Arwani juga membuktikan efektivitas UU Nomor 19/2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Penegakan hukum di media siber, lanjut anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan ini selain peran aparat kepolisian, peran serta masyarakat untuk melawan berita hoax juga penting untuk mengurangi masifnya berita hoax dan ujaran kebencian di ruang publik.

“Meningkatnya kejahatan dan paparan konten negatif di media siber ini perlu didorong penguatan kapasitas penegakan hukum di bidang media siber,” tuturnya.

Agar lebih efektif, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) bahkan mengusulkan peningkatan anggaran kepada lembaga penegak hukum termasuk Badan Intelejen Nasional (BIN).

“Langkah ini diharapkan agar dapat mengikuti perkembangan kejahatan di media siber yang begitu dinamis,” ungkap Arwani.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Patroli Siber Direktorat Siber Bareskrim Polri berhasil mengungkap sindikat penyebar kebencian yang menggunakan sarana media sosial. Kelompok Saracen ini juga diduga telah menghina Presiden Jokowi melalui jejaring Facebook.

Kasubdit 1 Dit Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Irwan Anwar mengatakan, sindikat penyebar kebencian menyediakan jasa penyebaran (hate speech) yang bermuatan SARA maupun hoax. Para pelaku ini membuat grup-grup di Facebook atau di media sosial lainnya untuk melancarkan aksinya. [okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami