LifestyleTraveling

Singgah Di Melacca,Kota Tua Nan Apik Di Sudut Malaysia

BTN iklan

 

Jakarta\Lei – Melaka dikuasai oleh pihak Portugis di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque pada 24 Ogos 1511. Ia menjadi suatu pangkalan strategik bagi pengembangan pihak Portugis di Hindia Timur dan diperintah oleh mereka selama 130 tahun.

Image result for melaka malaysia
Pada tahun 1641, pihak Belanda menguasai Melaka dengan menewasan pihak Portugis melalui bantuan Sultan Johor. Walaubagaimanapun, pihak Belanda tidak berminat menjadikan Melaka sebagai sebuah pusat perdagangan di antara Timur dan Barat tetapi lebih mementingkan pembangunan Batavia (Jakarta) di Indonesiasebagai pusat pentadbiran mereka. Mereka menyerahkan Melaka kepada pihak British mengikut Perikatan British-Belanda pada tahun 1824.Image result for melaka malaysia
Dari 1826 hingga 1867, Melaka diperintah oleh Syarikat Hindia Timur Inggeris (British East India Company), dan kemudiannya menjadi sebuah tanah jajahanBritish. Kemudian, pada tahun 1946, ia menjadi salah satu Negeri Selat (Straits Settlement), bersama-sama dengan Singapura dan Pulau Pinang.
Selepas pembubaran tanah jajahan, Melaka dan Pulau Pinang telah menjadi sebahagian daripada Malayan Union yang kemudiannya menjadi Malaysia pada tahun1963.
Melaka diisytiharkan sebagai “Bandaraya Bersejarah” pada 15 April 1989 oleh Perdana Menteri Malaysia ke-4, Tun Dr. Mahathir bin Mohammad

Melaka adalah sebuah kota tua yang dulunya pernah dijajah oleh 3 negara, Portugis, Belanda dan Inggris. Dengan begitu kota ini arsitektur gedung-gedungnya menjadi sangat menarik karena ketiga gaya arsitektur negara bekas penjajahnya bisa anda temukan di kota ini. Demikian juga dengan makanannya, ada makanan ala Portugis, Chinese, India, Western Food dan masih banyak lagi. Melaka terkenal dengan wisata kulinernya.

Sekilas sejarah kota Melaka, Portugis pertama kali mendarata di Melaka pada tahun 1511 dengan membawa pasukan sebanyak 1200 orang. Melaka langsung resmi menjadi tanah jajahan Portugis ditahun itu juga dan Melaka menjadi basis Portugis dalam upayanya untuk eskpansi ke India bagian timur. Lalu datanglah misionaris Francis Xavier ke Melaka untuk menyebarkan ajaran Katolik yang akhirnya nama misionaris ini dijadikan nama gereja, St. Francis Xavier church yang didirikan pada tahun 1849. Gereja Katolik yang tertua di sini adalah gereja St. Paul yang didirikan pada tahun 1710 di jaman pendudukan Belanda.

stadhuys

Tahun 1641 Belanda mengambil alih kota ini, mereka berkuasa dari tahun 1641 hingga 1795. Belanda sama sekali tidak membangun kota ini karena mereka memusatkan pembangunan di Batavia yang merupakan pusat kekuatan administrasi dan militer mereka. Akan tetapi mereka masih membangun satu gedung yang memiliki arsitektur Belanda yang diberi nama Stadthuys atau Red Building (Bangunan Merah).

Lalu pada tahun 1824 kota ini resmi menjadi koloni Inggris setelah terjadi pertukaran tanah jajahan dengan Bengkulu di Sumatera. Kota ini lalu menjadi bagian dari Negara Malaysia setelah Inggris tidak lagi berkuasa.

 

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

6 Comments

  1. I have been surfing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. Personally, if all website
    owners and bloggers made good content as you did, the internet will
    be much more useful than ever before.

  2. It is the best time to make a few plans for the future and
    it’s time to be happy. I have learn this post and if I may
    just I desire to recommend you few interesting issues or advice.
    Maybe you can write subsequent articles referring to this article.
    I desire to learn even more things about it!

  3. Excellent post. I was checking constantly this blog and I’m impressed!

    Very useful information specifically the last part 🙂 I care for such information a lot.
    I was seeking this particular info for a long time. Thank you and good luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami