Liputan

Singkirkan 22 Peserta, Seorang Transgender Menangi Kontes Miss Universe Spanyol

BTN iklan

MADRID (LEI) – Angela Ponce yang berusia 26 tahun berhasil mengalahkan 22 kontestan dan menjadi transgender pertama yang memenangi kontes kecantikan Miss Universe Spanyol. Angela akan mewakili negaranya di ajang kecantikan internasional, Miss Universe tahun ini.

Menurut laporan media yang dilansir Sputnik, Rabu (4/7/2018) dia akan menjadi perempuan pertama yang lahir sebagai pria, yang ikut ambil bagian dalam kontes kecantikan itu. Miss Universe Spanyol mencabut larangan bagi transgender untuk ikut serta sebagai kontestan enam tahun lalu.

Status Angela sebagai Miss Universe Spanyol yang baru menimbulkan kontroversi dan perdebatan di media sosial.

Angela yang lahir di Sevilla sebelumnya pernah ikut serta dalam kontes kecantikan Miss World Spanyol pada 2015, tetapi gagal meraih mahkota kemenangan. Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan padanya dan berjanji akan menyuarakan komitmennya untuk mengampanyekan hak yang setara bagi komunitasnya.

“Saya telah memenuhi mimpi yang selalu saya miliki, karena ini adalah satu-satunya hal yang saya butuhkan, untuk mengubah setiap hambatan yang muncul dalam perjalanan saya, mengambilnya sebagai peluang untuk pertumbuhan … Hari ini memulai siklus baru bagi saya, berkomitmen untuk diri saya sendiri, dengan misi hidup saya dan Spanyol Saya akan ke @missuniverse, dengan kesadaran dan komitmen untuk meneruskan pesan inklusi, rasa hormat, toleransi, cinta untuk diri sendiri, cinta untuk orang lain,“ demikian disampaikan Angela melalui aku media sosialnya.

Reaksi dari warganet cukup beragam dengan sebagian memberikan dukungan pada Angela, beberapa lainnya menyampaikan simpati mereka pada kontestan yang kalah darinya dan ada juga yang menyampaikan protes atas keikutsertaan Angela.

Kontes kecantikan Miss Universe mengakhiri larangan pada pesaing transgender pada 2012. Saat itu, salah satu calon kontestan, model transgender asal Kanada Jenna Talackova, mengancam kontes Miss Universe dengan tuntutan hukum.

Jenna mengatakan, dirinya diberitahu bahwa kontes Miss Universe Kanada hanya terbuka untuk “wanita yang lahir secara alami.” Namun, penyelenggara kontes bersikeras perubahan itu dilakukan terlepas dari tuntutan tersebut. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami