Ads

Skill yang di butuhkan Anak Milenal untuk bersaing

BTN iklan

LEI, Jakarta- Halo sobat milenial! Seperti yang kita ketahui, perkembangan zaman semakin pesat dari tahun ke tahun. Hal itu tentu membuat kita mau tak mau harus bisa mengikutinya agar bisa beradaptasi di tengah perubahan zaman yang sedang berlangsung. Salah satu dampak dari perkembangan zaman tersebut adalah sulitnya mencari lapangan pekerjaan serta ketatnya persaingan di dunia kerja yang akhirnya membuat para generasi muda harus pandai-pandai meng-upgrade diri agar bisa bersaing dengan ribuan pencari kerja di luar sana.

Karenanya, memiliki keterampilan soft skills adalah hal yang wajib dilakukan oleh para generasi milenial di era teknologi seperti ini. Soft skills bisa menaikkan kualitas diri di mata perusahaan sehingga menguasainya dapat memberikan nilai lebih. Apa sajakah soft skills tersebut? Simak daftarnya dibawah ini

1. Teamwork


Kemampuan yang pertama adalah teamwork atau kerja tim. Ketika kamu bergabung dengan salah satu perusahaan, tentu kamu akan berhubungan dengan banyak orang yang juga bekerja bersamamu. keterampilan team work membuatmu dapat bekerja sama dengan baik sehingga sangat memudahkanmu untuk menyatukan visi, misi, serta pendapat agar tujuanmu bersama tim dapat tercapai dengan baik.

2. Kecerdasan Emosi


Meskipun terlihat sepele, namun keterampilan mengendalikan emosi sangatlah penting. Kecerdasan emosi dapat membantumu untuk berpikir jernih dan matang di situasi apapun karena kamu tidak akan membiarkan emosi menguasaimu disaat yang tidak tepat. Selain itu, kemampuan mengendalikan emosi juga bisa membuatmu menjaga perasaan orang lain sehingga mereka akan mengenalimu sebagai pribadi yang profesional dan dewasa.

3. Beradaptasi

Dalam hidup, kita tentu akan menemui banyak hal yang sebelumnya tidak pernah kita alami. Ada kalanya hal-hal tersebut membuat kita merasa kurang nyaman atau bahkan tersiksa. Kemampuan beradaptasi dapat memudahkanmu untuk bertahan di tengah kondisi yang tidak kamu sukai. Kamu akan mampu melewati berbagai rintangan dengan baik karena kemampuan ini.

4. Problem Solving

Saat kamu bekerja, kamu akan menjumpai berbagai masalah yang meminta untuk segera ditangani. Kamu dituntut untuk selalu teliti dan kritis dalam menganalisa setiap masalah yang datang, entah dengan perusahaan, rekan kerja, atau bahkan klien. Karenanya, kemampuan memecahkan masalah wajib dimiliki agar kamu bisa terus survive di tengah lingkungan kerja yang cukup keras.

5. Menguasai Teknologi

Kita hidup di era teknologi. Kemampuan menguasai teknologi seperti Microsoft Word dan Excel, PowerPoint, CorelDraw, hingga Canva menjadi hal yang sangat wajib untuk dimiliki. Tak hanya itu, kemampuan bermedia sosial seperti instagram dan facebook juga tak kalah penting mengingat platform tersebut bisa menghubungkan kita dengan banyak orang sehingga dapat menjadi tempat yang strategis untuk promosi.

6. Manajemen Waktu

Padatnya jadwal kegiatan sehari-hari membuat banyak orang kewalahan dalam mengatur waktunya. Hal ini menyebabkan keterampilan manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting. Memiliki skill pengaturan waktu yang baik menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin serta bertanggung jawab karena kamu dapat menyelesaikan seluruh tugas-tugasmu dengan baik dan tepat waktu.

7. Kreatif dan Inovatif


Kreatif dan inovatif adalah dua hal yang berkaitan dan sangat penting untuk dimiliki oleh generasi milenial. Perusahaan tentu menginginkan pegawai yang memiliki sikap kreatif serta inovatif agar bisa terus berkontribusi menghasilkan banyak inovasi baru yang dapat membawa perubahan baik bagi perusahaan. Selain itu, pegawai yang memiliki keterampilan ini relatif dipertahankan karena menjadi “kunci” bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan.

8. Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Kamu dapat mudah menjalin relasi dan berkomunikasi dengan banyak orang dari benua yang berbeda. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapat penawaran menarik seperti promosi ke luar negeri dari perusahaan tempatmu bekerja.

Semakin banyak kemampuan berbahasa asing yang kamu kuasai, semakin besar pula peluangmu untuk bisa bekerja di perusahaan baik di dalam ataupun di luar negeri.

9. Public Speaking


Terdengar sepele, namun public speaking atau kemampuan berbicara di hadapan orang banyak tidak semudah kelihatannya. Keterampilan public speaking dapat membuatmu menjadi pribadi yang dapat diandalkan dalam acara-acara penting seperti memimpin rapat, mempromosikan produk, menjadi leader hingga menjadi delegasi perusahaan. Menarik bukan?

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami