Internasional

Soal UN Bocor di WhatsApp, Jutaan Pelajar India Harus Ujian Ulang

BTN iklan

NEW DELHI (LEI) – Kementerian Pendidikan India berjanji untuk meningkatkan keamanannya di dunia maya. Sebab, soal-soal ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sempat bocor sehingga jutaan pelajar harus mengikuti ujian ulang.

Menteri Pendidikan, Prakash Javadekar mengatakan, penyelidikan sedang berlangsung untuk mengungkap bagaimana soal-soal ujian matematika dan ekonomi bisa diakses serta menyebar lewat layanan pesan singkat WhatsApp sebelum pelaksanaan.

“Pelaku di balik pembocoran itu tidak akan dibebaskan. Saya yakin polisi akan menangkap orang-orang ini dengan segera. Saya yakinkan Anda kita akan meningkatkan sistem dan membuatnya kebal dari peretasan,” ujar Prakash Javadekar, mengutip dari Straits Times, Jumat (30/3/2018).

Kasus tersebut mengemuka di tengah tuduhan terhadap Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, yang disebut memata-matai warganya lewat aplikasi resmi smartphone miliknya yang sudah diunduh oleh 5 juta pengguna. Tuduhan itu dilontarkan oleh peneliti keamanan yang menggunakan nama samaran Eliott Alderson.

Ia mengatakan, seluruh data pribadi milik warga India dikirim kepada server pihak ketiga yang berada di Amerika Serikat (AS) tanpa izin. Tuduhan-tuduhan itu diunggah lewat serangkaian kicauan berisi kode-kode tertentu di Twitter pada akhir pekan lalu.

Kaum oposisi langsung menyerang pemerintah. Ketua Partai Kongres, Rahul Gandhi, mendapat amunisi tambahan untuk menyerang pemerintah terkait keamanan data digital.

“2,8 juta pelajar harus ikut ujian lagi! Apakah ini lelucon? Siapa yang bertanggung jawab untuk kekacauan besar ini,” cuit Rahul Gandhi di akun Twitter.

Javadekar mengaku memahami rasa sakit dan frustrasi dari para orangtua dan pelajar akibat kasus bocornya soal tersebut. Ia pun mengulangi janji untuk memperkuat sistem agar kebocoran tidak kembali terjadi. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close