BTN iklan
Liputan

SoC Exynos di Samsung Galaxy S10 Dirumorkan Memiliki AI Unit

(LEI)-Perkembangan teknologi AI semakin berkembang pesat. Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya. Awalnya kegiatan proses yang menggunakan teknologi AI seperti Voice AssistantKeyword Detection untuk terjemahan bahasa, Object/Location tracking dsb dilakukan di server Cloud kini sudah dilakukan “On-Device” di perangkat smartphone.

Untuk proses ini umumnya dilakukan di SoC (System on Chip)  menggunakan bantuan kombinasi CPU, VPU, GPU dan DSP. Namun kini beberapa vendor SoC seperti HiSilicon, Apple dan Google menggunakan komponen terdedikasi yang dikenal dengan sebagai Neural Processing Unit (NPU)  yang menghasilkan performa yang jauh lebih baik.

Rumor terbaru menyebutkan Samsung tengah menyiapkan SoC Exynos 9820 terbaru yang akan hadir di Samsung Galaxy S10. SoC terbaru itu kabarnya akan menghadirkan komponen NPU dedikasi. Informasi ini didapatkan dari bocoran lowongan pekerjaan untuk Software Engineer untuk menangani komponen NPU terbaru untuk Samsung Exynos terbaru.

Komponen NPU tersebut kabarnya akan menawarkan performa lebih baik dibandingkan Vision Processing Unit (VPU) yang digunakan di SoC Exynos sebelumnya yang menangani prosessing AI untuk kamera dan bisa di ekspansi juga untuk kegiatan lain seperti untuk voice assistant dari Samsung yakni Bixby.

Namun,  untuk pengguna Samsung Galaxy S10 yang tinggal di Amerika Serikat dirumorkan akan menggunakan SoC Snapdragon 8150 yang kebetulan sama-sama dirumorkan beralih ke komponen NPU dedikasi. Komponen NPU ini akan menggantikan komponen Hexagon DSP yang hadir melalui fitur AIE. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close