Internasional

Somalia Cegat Pesawat Jet UEA yang Membawa USD9,6 Juta

BTN iklan

MOGADISHU (LEI) – Pasukan keamanan Somalia menyita USD9,6 juta (sekira Rp132 miliar) setelah kebuntuan yang panjang dengan Uni Emirat Arab (UEA) terkait pencarian pesawat jet kerajaan yang terbang dari Abu Dhabi pada Minggu.

Kementerian Keamanan untuk Pemerintah Federal Somalia mengumumkan bahwa mereka telah menyita tiga tas berisi uang dari sebuah Boeing 737. Penyelidikan tengah dilakukan untuk memastikan tujuan akhir uang tersebut.

Seorang sumber anonim dari petugas keamanan mengatakan kepada VOA news bahwa utusan UEA untuk Somalia, Ahmed Othman Al-Hammadi menunggu di Bandara Internasional Aden Abdulle saat pesawat itu tiba.

Staf Al-Hammadi mencoba mengambil sejumlah besar uang itu dari pesawat tetapi pasukan keamanan Somalia menolak untuk melepaskan tas sebelum dipindai untuk diizinkan dibawa. Menurut sumber anonim itu, Al-Hammadi kemudian kembali ke pesawat dengan membawa tas tersebut.

“Uang itu untuk kementerian pertahanan. Ini untuk gaji tentara Somalia, ” kata Al-Hammadi sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Senin (9/4/2018). Namun, petugas keamanan itu mengatakan kepada VOA News bahwa jumlah uang tersebut jauh lebih besar dari yang dibutuhkan untuk membayar gaji para tentara.

Tidak jelas apakah uang itu ditujukan untuk militer atau untuk membeli pengaruh politik. Hubungan Somalia dengan UEA kurang harmonis sejak Juni tahun lalu ketika Abu Dhabi – bersama dengan Arab Saudi, Mesir dan Bahrain – melancarkan blokade terhadap Qatar. Somalia ditekan untuk mendukung salah satu dari dua kubu.

Somalia, awalnya mendukung Qatar, tetapi setelah lobi yang ekstensif dari Abu Dhabi, Mogadishu akhirnya secara resmi memutuskan untuk bersekutu dengan UEA dan Arab Saudi pada September tahun lalu.

Tetapi bulan lalu, Somalia menolak kesepakatan pelabuhan UAE dengan Ethiopia dan daerah otonomi Somalia yang mendeklarasikan diri sebagai Somaliland. Mogadishu mengklaim bahwa kesepakatan itu merusak persatuan, kedaulatan dan konstitusinya. Arab Saudi menawarkan diri untuk menjadi penengah antara Somalia dengan UEA tetapi tidak ada langkah diplomatik yang dibuat. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. I do not know whether it’s just me or if perhaps everyone else experiencing problems with your site.
    It seems like some of the written text on your
    content are running off the screen. Can someone else please provide feedback and let me know if this is happening to them too?
    This might be a problem with my browser because I’ve had this happen before.
    Thank you

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami