LiputanOpini

Sosok – Kikan: Penceghan Terorisme Dunia Maya Sangat Nyata

BTN iklan

TANGERANG, 25/4 (LEI) – Mantan vokalis band Coklat, Namara Surtikanti yang lebih populer disebut Kikan menyatakan upaya pencegahan terorisme melalui dunia maya adalah sangat nyata.

“Ini merupakan cara terbaik, karena saat ini banyak remaja kecanduan internet tapi melihat konten radikalisme,” kata Kikan di Tangerang, Banten, Rabu.

Kikan menyatakan dirinya ditunjuk oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai duta damai.

Namun perempuan kelahiran 9 September 1976 itu dengan senang menjadi duta damai karena paham terorisme dan radikalisme harus dicegah.

Menurut penyanyi pop rock itu bahwa sasaran paham tersebut adalah anak muda yang sering disebut “zaman now” sebagai penguna ponsel aktif.

Sebagai duta damai, Kikan menghibur para peserta pelatihan dan tamu undangan dengan beberapa lagu diantaranya “Bendera” yang membuat pengunjung ikut bersuara.

Bahkan Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius juga ikut naik panggung dan bernyani bersama Kikan yang belakangan ini sering berkolaborasi dengan Tantri, vokalis band Kotak.

Dia mengatakan anak muda kebanyakan adalah pegiat dunia maya, setiap saat melalui ponsel pintar melihat aneka konten termasuk video radikalime.

Dia menambahkan video maupun gambar tentang radikalimse tidak dapat dicegah karena disuguhkan dan ini tanpa disaring.

Untuk itu, para remaja harus memperkuat paham dan ideologi Indonesia yang mengutamakan keberagaman serta menghindari antitoleransi.

Usai bernyanyi, Kikan didaulat untuk memberikan penjelasan kepada awak media di Tangerang bersama Komjen Suhardi Alius dan staf kedutaan Amerika Serikat dan Spanyol terkait pelatihan pencegahan terorisme di dunia maya. Sebagai duta Kikan juga berkeliling Indonesia untuk kampanye menyampaikan pesan damai tanpa terorisme dan radikalisme. (U.A047) [antara]


Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close