InternasionalLiputanTekno

Spacex Dapat Restu Terbangkan Ribuan Satelit

BTN iklan

Jakarta/LEI-  SpaceX telah mendapat izin untuk meluncurkan 7.518 satelit ke luar angkasa, Kamis (15/11). Satelit ini akan ditempatkan mengelilingi bumi dan digunakan untuk menyediakan layanan internet kecepatan tinggi berbasis satelit. SpaceX rencananya akan mengorbitkan 12.000 satelit komunikasi ini lewat program Starlink.

Saat ini, di luar angkasa hanya terdapat sekitar 2.000 satelit yang beroperasi. Jika rencana ini telah terlaksana, maka satelit-satelit SpaceX akan mendominasi orbit Bumi. Data dari kelompok regulasi Union of Concerned Scientist Agustus lalu, saat ini terdapat 1.886 satelit yang mengorbit di atas Bumi.

SpaceX berinovasi agar satelit bisa dibuat lebih kecil dan murah. Beberapa satelitnya bahkan hanya berukuran 10 sentimeter dan berat 1,5 kilogram. Satelit ini rencananya bakal terbang cepat dan rendah.

Satelit ini juga akan memberikan layanan komunikasi saat ini biasa ditangani oleh satelit yang lebih besar dan mahal. Selain itu kecepatan internet yang ditawarkan oleh satelit-satelit ini juga lebih lambat. SpaceX meluncurkan program Starlink pertamanya pada Februari lalu.

SpaceX akan membuat konstelasi satelit ini agar daerah pedalaman bisa mendapat layanan internet pita lebar.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close