Ekonomi

Sri Mulyani Sindir Mendes Eko Tentang Program Dana Desa

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Presiden Joko Widodo berencana akan rilis kebijakan tentang penyaluran dana desa wajib menyerap tenaga kerja lokal.

“Presiden meminta seluruh kepala daerah untuk periksa teliti, penyaluran dana desa yang hadapi banyak persoalan, ini tidak sesuai semangat awal,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Sri Mulyani bilang, Presiden Jokowi menginginkan penyaluran dana desa berdampak langsung kepada masyarakat desa, bukan malah dinikmati pihak lain. “Presiden mau dana desa Rp60 triliun bisa dinikmati misal lapangan kerja dari sisi kompensasi,” katanya.

Selain itu, Sri Mulyani menyindir soal tranparansi penyaluran dana desa. Masih banyak penggunaan dana desa yang tidak sesuai dengan aturan.

“Penyaluran dana desa tidak ada bukti yang memadai ada belanja dana desa dilakukan di luar yang telah dianggarkan,” katanya memberi contoh.

Sehingga, presiden meminta dirinya berkoordinasi dengan Menteri Desa dan Menteri Dalam Negeri guna mengatasi masalah ini. Agar penggunaan dana desa bisa sesuai dengan semangat awal.

“Kami bersama Mendes dan Mendagri akan melakukan upaya untuk mengurangi beragai macam masalah dan kendala tersebut, termasuk menaikan kualitas dan akuntabilitas pengunaan dana desa dan desanya sendiri,” ujarnya.

Dia juga bilang, tahun depan, alokasi dana desa akan fokus pada desa yang miskin, atau populasi penduduk miskinnya terbesar. [inilah]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami