Olahraga

Sriwijaya FC Libas Persib 3-1

BTN iklan

PALEMBANG,  LEI – Tim tuan rumah Sriwijaya FC menekuk Persib dengan skor 3-1 pada laga lanjutan Gojek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu malam.

“Laskar Wong Kito”, julukan SFC, yang awalnya tertinggal satu gol akhirnya bisa membalas dengan mencetak tiga gol sehingga berhasil meraih tiga poin pada laga kandang perdananya musim ini.

Sriwijaya FC yang menjadi tuan rumah langsung menyuguhkan permainan cepat dengan mengandalkan dua pemain sayapnya Esteban Vizcarra dan Manuchehr Jalilov.

Peluang pun tercipta pada menit ke-7, melalui tendangan Makan Konate yang melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti, namun bola melebar dari tiang gawang.

Tak mau ketinggalan, tim tamu juga meladeni permainan cepat Sriwijaya FC memanfaatkan kecepatan striker asingnya Ezechiel N’Douassel.

Sedari awal merepotkan lini belakang Sriwijaya FC, Ezechiel N’Douassel akhirnya berhasil membobol gawang tuan rumah pada menit ke-28. Menerima umpan sundulan Supardi, Jonathan Bauman menggiring bola dan melepaskan umpan terukur ke sisi kiri kotak penalti. Ezechiel N’Douassel menuntaskan umpan Bauman dengan sepakan tenang yang mengecoh penjaga gawang Teja Paku Alam. Skor 1-0.

Kebobolan lebih dulu dari tim tamu mengubah arah permainan. Sriwijaya FC bermain lebih garang dan beberapa kali menebar ancaman ke areal kotak penalti.

Sriwijaya FC hampir menyamakan kedudukan. Umpan silang Alfin Tuassalamony berlanjut dengan sundulan terukur Manuchekhr Jalilov. Bola menyamping tipis di kiri gawang.

Jalilov kembali menebar ancaman pada menit ke-38. Usai mendapat umpan dari Makan Konate, ia memutar badan dan melepaskan tendangan keras, namun bola lagi-lagi menyamping di kiri gawang.

Sriwijaya FC kembali membuang peluang pada menit ke-43. Esteban Vizcarra melepaskan sundulan memanfaatkan umpan silang Marckho Sandy, tetapi hasilnya bola melambung di atas gawang.

Semenit jelang waktu normal babak pertama, bola hasil tendangan bebas Jalilov juga melambung tipis di atask gawang. Skor 0-1 pun bertahan hingga turun minum.

Belum genap tiga menit babak kedua berlangsung, Sriwijaya FC berhasil menyamakan perolehan skor. Menerima umpan sundulan dari Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra mengintrol bola dan melepaskan sepakan setengah voli ke arah gawang. Bola meluncur ke sudut kiri gawang dan tak dapat dijangkau I Made Wirawan. Skor menjadi 1-1.

Sriwijaya FC yang tampil kian agresif sukses membalik kedudukan semenit kemudian. Umpan silang Alfin Tuassalamony dituntaskan Marckho Sandy Merauje dengan sepakan keras menggunakan kaki kanannya. Bola mengarah ke sudut kanan atas gawang dan memaksa I Made Wirawan kebobolan untuk kali kedua. Skor 2-1.

Seolah tak puas, Laskar Wong Kito menambah jarak keunggulan pada menit ke-66. Berawal dari umpan silang menyusur tanah Esteban Vizcarra dari sayap kanan, Manuchekhr Jalilov menceploskan bola ke gawang. Si kulit bundar sempat mengenai I Made Wirawan, namun tetap melaju melewati garis gawang. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Sembilan menit jelang waktu normal usai, Sriwijaya FC sebenarnya berhasil mencetak gol. Berawal dari kemelut di depan kawan, Zulfiandi melepaskan tendangan yang menggetarkan gawang Persib. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit lantaran sudah lebih dulu terjadi handsball.

Tak ada gol tambahan tercipta di sisa waktu pertandingan. Skor akhir 3-1 untuk keunggulan Sriwijaya FC.

Pelatih SFC Rahmad Darmawan mengatakan bermain perdana dikandang musim ini membuat anak asuhnya gugup dan tidak konsentrasi sehingga lawan bisa menekan pertahanan Laskar Wong Kito. Bahkan, setidaknya lawan berhasil membuat lima peluang dan berhasil mencetak satu gol.

“Saat jedah babak pertama saya bilang pemain untuk tampil lepas dan enjoy. Bersyukur pemain bisa menerapkan skema yang saya inginkan di lapangan. Sehingga, lawan tidak banyak menekan terutama lini depan dan second line mereka tidak banyak memberikan ruang bagi akselerasi pemain depan.Artinya, kunci kemenangan kita malam ini karena pemain bisa tampil lepas dan enjoy,” kata dia.

RD mengatakan kemenangan malam ini dipersembahkan terhadap Marco Sandy yang sedang berduka karena neneknya meninggal dunia dan akan diberi kesempatan libur ke Jayapura untuk menghadiri pemakaman sang nenek besok.

“Terkait tidak ada pergantian pemain lawan Persib, karena kita takut akan merubah ritme permainan yang telah padu dan kosentrasi apalagi pemain masih fit semua,” kata dia.

Sedangkan, Marco Sandi menambahkan gol yanga ia ciptakan dipersembahkan untuk Costantina yang meninggal dunia pada usia 60 tahun. Ia mengatakan sangat dekat dengan neneknya sejak usia masih kecil.

“Selasa besok saya akan ke Jayapura untuk menghadiri pemakaman nenek saya. Rabu, saya akan kembali ke Palembang,” kata dia.

Sementara itu, Asisten Pelatih Persib Bandung Fernando Soler mengatakan kekalahan mereke malam ini karena kurang fokus dan konsentrasi apalagi mayoritas musim ini Persib dihuni pemain anyar.

“Karena tim ini baru jadi masih perlu banyak pembenahan khususnya kosentrasi pemain,” kata dia.

Susunan Pemain Sriwijaya FC Teja Paku Alam (pg), Alfin Tuassalamony, Hamka Hamzah, Mamadou N’Diaye, Marckho Sandi, Esteban Vizcarra, Adam Alis, Zulfiandi, Makan Konate, Alberto Goncalves, Manuchekhr Dzhalilov | Cadangan: Sandi Firmansyah, Faris, Novan, Yu Hyun-koo, Yogi, Patrich Wanggai.

Persib Bandung I Made Wirawan (pg), Henhen Herdiana, Bojan Malisic, Wildansyah, Toni Sucipto, Supardi Nashir, Dedi Kusnandar, Febri Haryadi, In-kyun Oh, Jonathan Bauman, Ezechiel N’Douassel | Cadangan: M Natshir, Indra Mustafa, Sabil, Hariono, Ghozali, Airlangga Sucipto, Muchlis Hadi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami