NasionalTekno

Startup Mesin Kasir Tanah Air Moka Akuisisi Startup India GetFocus

BTN iklan

(LEI)-Pada tanggal 1 Oktober 2018, perusahaan tanah air Mokaresmi mengakuisisi startup pemasaran asal India GetFocus dengan nominal yang tidak disebutkan. Lewat akuisisi ini, Moka berencana mengombinasikan teknologi mereka dengan startup asal Mumbai tersebut. GetFocus sendiri berdiri pada tahun 2014 dengan tujuan untuk menghadirkan solusi teknologi penentuan lokasi di dalam ruangan.

CEO Moka, Haryanto Tanjo menyatakan pentingnya memiliki tim riset dan teknologi yang kuat di India. Mereka berharap, setelah mengakuisisi GetFocus, dapat meningkatkan kepemimpinan di pasar serta menghadirkan layanan terbaik kepada konsumen.

Fakta penting lainnya

  • Moka sendiri merupakan startup point of sales (POS) alias mesin kasir yang didirikan oleh Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono pada tahun 2014.
  • Hingga saat ini, mereka mengaku telah mempunyai 12 ribu klien yang berasal dari bisnis kuliner, layanan jasa, hingga ritel. Mereka mengklaim telah memproses lebih dari seratus juta transaksi, dengan nominal mencapai angka US$1 miliar (sekitar Rp14,8 triliun) per tahun.
  • Pada tanggal 13 September 2018, mereka mengumumkan telah berhasil meraih pendanaan Seri B sebesar US$24 juta (sekitar Rp356 miliar). Pendanaan ini dipimpin oleh Sequoia Capital India.
  • Kini mereka telah menjalin kerja sama dengan beberapa layanan pembayaran elektronik, seperti OVO, TCASH, Akulaku, Dana, dan Kredivo. Mereka pun telah menggandeng beberapa startup P2P lending, yaitu KoinWorks, Taralite, dan Modalku, untuk meluncurkan layanan pinjaman modal usaha untuk UKM bernama Moka Capital.
Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close