Olahraga

Statistik Manchester United Bersama Jose Mourinho

BTN iklan

MANCHESTER, (LEI) – Manajemen Manchester United resmi memecat Jose Mourinho sebagai manajer pada Selasa (18/12/2018). Keputusan MU mendepak Mourinho dari Old Trafford tak lepas dari hasil minor pada musim ini.

Manajer asal Portugal itu mulai menangani The Red Devils pada 27 Mei 2016, menggantikan Louis van Gaal. Awal karier Jose Mourinho bersama Manchester United terbilang mulus.

Dia berhasil membawa skuat Setan Meraih meraih 36 kemenangan, 18 imbang, dan menelan sembilan kekalahan dari 63 pertandingan di seluruh ajang kompetisi musim 2016-2017. Mourinho pun mempersembahkan trofi Piala Liga Inggris dan Liga Europa buat MU.

Memasuki musim kedua bersama Manchester United, Jose Mourinho tetap mampu mendongkrak performa timnya. Dari 56 laga pada musim lalu, The Red Devils berhasil meraih 37 kemenangan, tujuh hasil imbang, dan menelan 12 kekalahan.

Akan tetapi, torehan tersebut belum cukup membawa Manchester United meraih gelar juara. Paul Pogba dkk. hanya menempati peringkat kedua klasemen akhir Premier League, runner-up Piala FA, babak kelima Piala Liga Inggris, dan 16 besar Liga Champions.

Pada musim ini, penampilan MU di bawah arahan Jose Mourinho mengalami kemunduran. Dari 24 pertandingan yang sudah dijalani, The Red Devils hanya meraih 10 kemenangan, enam hasil imbang, dan menelan delapan kekalahan.

Teranyar, Manchester United takluk 1-3 dari Liverpool pada laga pekan ke-17 Premier League, di Stadion Anfield, Minggu (16/12/2018) malam WIB.

Kekalahan dari The Reds membuat MU masih tertahan di peringkat keenam klasemen sementara Premier League dengan nilai 26. Mereka tertinggal 19 poin dari Liverpool yang berada di urutan teratas.

Rentetan hasil minor ditambah konflik dengan sejumlah pemain, mulai dari Paul Pogba, Antonio Valencia, hingga Alexis Sanchez membuat manajemen Setan Merah gerah. Manchester United pun akhirnya mencopot Mourinho dari jabatan manajer.

“Manchester United mengumumkan jika manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub dengan segera,” bunyi pernyataan resmi manajemen The Red Devils di situs klub.

“Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose untuk karyanya selama menangani Manchester United dan berharap dia sukses pada masa depan.”

Statistik Manchester United di bawah arahan Jose Mourinho sebenarnya tak terlalu mengilap. Persentase kemenangan Manchester United hanya mencapai 58,3 persen.

MU tercatat meraih 84 kemenangan, 32 imbang, dan kalah dalam 28 laga dari 144 pertandingan di seluruh ajang. Meski begitu, Jose Mourinho berhasil membantu Manchester United meraih tiga trofi juara, yakni Community Shield, Piala Liga Inggris, dan gelar Liga Europa.

[Transfermarkt, Manchester United, Bola.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close