Hukum

Suami Inneke Kritisi KPK Tak Tersangkakan Pelaku Utama Suap Bakamla

BTN iklan

Jakarta, LEI – Tim kuasa hukum terdakwa Fahmi Darmawansyah mengkritik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena belum juga menetapkan  Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi sebagai tersangka kasus suap pengadaan satelit di Badan Keamanan Laut (Bakamla) sebagai tersangka.

“Tidak ada sprindik baru untuk menentapkan Ali Fahmi sebagai tersangka perlu jadi catatan penting,” kata Setiyono, kuasa hukum terdakwa Fahmi Darmawansyah membacakan pledoi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (15/5/2017).

Selain itu, tim kuasa hukum terdakwa Fahmi Darmawansyah juga mengkritik KPK karena tidak mampu menghadirkan Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi dalam sidang perkara kliennya. Kuasa hukum menilai Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi merupakan pelaku utama dalam perkara suap ini.

Tim kuasa hukum menganggap terdakwa Fahmi Darmawansyah bukan sebagai pelaku utama, karena perancang kasus suap pengadaan satelit monitoring di Bakamla adalah Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi, staf khusus Kepala Bakamla Laksamana Madya Arie Soedewo.

“Adanya inisiatif Ali Fahmi yang sengaja datang bertemu terdakwa di kantor terdakwa. Dia menawarkan proyek, tetapi terdakwa harus mengikuti arahan dirinya mengenai besaran persentase,” ujar Setiyono.

Tim kuasa hukum menilai Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi sebagai pelaku utama sebagaimana fakta persidangan, yakni Fahmi Habsyi mendatangi kantor PT Merial Esa untuk menemui Fahmi Darmawansyah.

Dalam pertemuan itu, Fahmi Habsyi yang juga merupakan politikus PDI Perjuangan ini menarkan Fahmi Darmawansyah untuk bermain proyek di Bakamla dengan syarat harus mengikuti arahannya dan memberikan fee 15% dari nilai proyek agar memenangkan proyek.

Kemudian, lanjut Setiyono, Fahmi Habsyi memberitahu bahwa pengadaan monitoring satelit akan dilaksanakan oleh PT Melati Technofo milik Fahmi Darmawansyah. Kepastian tersebut karena sebelum proses lelang, pembuatan kerangka acuan kerja dibantu oleh salah satu staf PT Melati Technofo, yakni Hardy Stefanus.

Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi beberapa kali mangkir dari panggilan jaksa penuntut umum KPK. Bahkan, sampai majelis hakim telah mengeluarkan ketetapan pemanggilan pun dia tetap mangkir. KPK tidak mengetahui keberadaan Fahmi Habsyi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close