Internasional

Sudan Umumkan Penangkapan tetua suku DARFUR

BTN iklan

Khartoum, Sudan, (Lei) – Kementerian Pertahanan Sudan pada Senin (27/11) mengumumkan penangkapan Sheikh Musa Hilal, seorang tetua penting suku di Wilayah Darfur, Sudan.

“Pemimpin Dewan Kebangkitan Revolusi (ARC) Musa Hilal dan putranya, Habeeb, telah ditangkap,” kata Menteri Negara Urusan Pertahanan Sudan Ali Mohamed Salem kepada wartawan.

“Mereka akan dibawa ke El Fasher, Ibu Kota Negara Bagian Darfur Utara dan dari sana ke Ibu Kota Sudan, Khartoum,” ia menambahkan.

Salem juga menekankan mengenai kestabilan situasi keamanan di Mistariha, daerah asal Hilal, kata Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.

Pada Ahad (26/11), bentrokan bersenjata terjadi di Daerah Mistariha di Negara Bagian Darfur Utara antara Pasukan Pendukung Cepat (RSF), petempur afiliasi Angkatan Darat Sudan, dan ARC.

Hilal dengan keras telah menentang aksi pemerintah baru-baru ini untuk mengumpulkan senjata di Darfur kendari kenyataan bahwa ia adalah sekutu pemerintah sampai belum lama ini.

Hilal menolak untuk menyerahkan senjata ARC kepada pemerintah dan menentang kegiatan pengumpulan senjata kepada pasukan pendukung cepat.

Pemerintah Sudan berkeras untuk mengumpulkan senjata dari semua anggota milisi dan suku di Darfur dengan demikian senjata tersebut hanya akan berada di tangan pasukan reguler.

Hilal telah bersekutu dengan pemerintah di Khartoum untuk memerangi terilyawan di wilayah tersebut sejak meletusnya perang pada 2003.

Organisasi Barat dan hak asasi manusia, Human Rights Watch, menyalahkan Hilal karena membentuk milisi Janjaweed –yang dituduh melakukan kejahatan perang di Darfur.

Dewan Keamanan PBB pada 2006 memutuskan untuk menjatuhkan sanksi atas Musa Hilal dan tiga orang lagi, termasuk larangan bepergian dan pembekuan dana. (Antara/Xinhua-OANA)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami