Liputan

Sulteng Sangat Kekurangan Tenaga Kerja

BTN iklan

Jakarta/Lei- Staf ahli Gubernur Sulawesi Tengah Ardiansyah Lamasituju menyatakan sejumlah perusahaan besar di provinsi ini masih sangat kekurangan tenaga kerja yang berkompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian.

Menurut Ardiansyah, tidak adanya kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja dari Sulteng, membuat mereka hanya jadi penonton di daerah sendiri.

Sementara untuk posisi yang strategis diisi oleh tenaga kerja dari luar daerah, termasuk tenaga kerja asing yang juga banyak masuk dan bekerja di Sulteng.

Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng itu juga mengungkapkan kendala besar yang dihadapi calon tenaga kerja, tentunya menjadi peluang bagi FPLKP dalam membantu para pengelola lembaga kursus dan pelatihan, untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

Apalagi saat ini, sejumlah perusahaan besar baik tambang minyak, tambang nikel maupun perusahaan lainnya, banyak membutuhkan tenaga kerja, dengan catatan memiliki kompetensi yang ditandai dengan sertifikat.

LKP itu memiliki jenis keterampilan yang beragam, di antaranya komputer, desain grafis, tata rias, kecantikan, menjahit, belajar mengemudi, tata boga dan keterampilan lainnya.

Amrin pun merespon tawaran dari Pemprov Sulteng terkait penyediaan tenaga kerja yang bersertifikat.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami