Tekno

Susah Melepaskan Diri dari Sosmed? Anda Tidak Sendirian

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Kecanduan media sosial (medsos) belakangan ini menjadi fenomena yang diakui secara luas. Namun, jika Anda bertanya kepada seseorang, betapa mudahnya bagi mereka untuk berhenti dari aplikasi medsos favorit seperti Facebook atau Snapchat, jawaban mereka mungkin berubah tergantung pada berapa umur mereka.

Menurut Pew Research Center, sekitar 59 persen pengguna medsos Amerika Serikat (AS) mengatakan tidak akan sulit untuk melepaskan medsos. Dari jumlah itu, lebih banyak pengguna internet berusia di atas 25 tahun mengklaim, mereka dapat dengan mudah menghapus aplikasi yang tidak berguna dari ponsel.

Tapi untuk orang dewasa muda dan remaja, pilihan tersebut tidak mungkin begitu mudah. Sekitar 51 persen pengguna internet berusia antara 18 sampai 24 tahun mengatakan akan sulit melepaskan medsos.

Hanya 14 persen dari semua pengguna medsos mengatakan sangat sulit untuk keluar dari aplikasi populer. Tampaknya orang semakin terlibat dalam aplikasi selama beberapa tahun terakhir.

Pew meminta pengguna internet pertanyaan yang sama, ‘Seberapa sulit melepaskan medsos?’ sebagai bagian dari survei 2014. Empat tahun yang lalu, hanya 28 persen pengguna medsos yang mengindikasikan bahwa mereka akan kesulitan untuk melepaskan media.

Kira-kira 11 persen responden mengatakan akan ‘sangat sulit’ untuk menyerahkan aplikasi medsos pada 2014. Survei tersebut juga mengukur seberapa sering orang menggunakan aplikasi medsos seperti Twitter, Instagram, Facebook, Snapchat, YouTube, WhatsApp, Pinterest dan LinkedIn.

Pengguna paling kecanduan Facebook, dengan 74 persen responden mengatakan mereka memeriksa platform medsos setiap hari. “Seiring dengan menjadi situs medsos yang paling populer, pengguna Facebook juga mengunjungi situs dengan frekuensi tinggi,” kata Pew dilansir dari laman Daily Mail, Ahad (4/3).

Data tersebut secara khusus menunjukkan, bahkan jika orang berpikir mereka dapat dengan mudah keluar dari medsos, situs-situs ini telah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari mereka.

Selain Facebook, Snapchat melewati Instagram dalam jumlah pengguna yang membuka aplikasinya setiap hari. Sekitar 63 persen pengguna memeriksa Snapchat setiap hari, sementara 60 persen pengguna Instagram membuka aplikasi setiap hari. [republika]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami