EkonomiLiputan

Susi-Anies “Ground Breaking” Pasar Ikan Modern

BTN iklan

Jakarta, 8/2 (Antara) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Pasar Ikan Modern di Jakarta Utara.

Menteri Susi saat melakukan “ground breaking” di Jakarta, Kamis, mengutarakan harapannya agar pembangunan Pasar Ikan Modern dapat segera diselesaikan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo memaparkan, pembangunan ini merupakan Pasar Ikan Modern pertama yang dibangun pemerintah.

“Semoga pasar ini dapat menjadi model bagi pasar ikan di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Pasar Ikan Modern yang dibangun di lahan sekitar 22 ribu meter persegi itu saat selesai akan memiliki tiga lantai.

Setiap lantai memiliki fungsinya masing-masing, yaitu lantai satu untuk lapak ikan basah, lantai dua untuk kios ikan segar, serta lantai tiga untuk perkantoran dan laboratorium.

Sedangkan total kios yang bakal terdapat di Pasar Ikan Modern adalah sekitar 150 kios yang terbagi atas area ikan segar, pasar kering, serta alat pemancingan.

Pasar yang terletak di sekitar kawasan pelabuhan Muara Baru itu juga bakal memiliki sejumlah fasilitas seperti pengolahan air limbah hingga pengepakan ikan.

Rencananya, Pasar Ikan Modern tersebut dibuat untuk dapat meniru Pasar Ikan Tsukiji yang fenomenal dan berlokasi sangat luas yang terdapat di Jepang.

Seperti halnya Tsukiji, Pasar Ikan Modern di Muara Baru itu juga bakal menerapkan sistem yang terintegrasi mulai pelabuhan, pengolahan, hingga pasar ikan dengan sistem modern.

Sebagaimana diwartakan Reuters pada 5 Januari 2018, Pasar Ikan Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar dunia yang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Tokyo.

Namun, dikutip dari Reuters, Pasar Ikan Tsukiji rencananya akan direlokasi pada tahun ini demi pembangunan prasarana infrastruktur jalan yang diperlukan untuk Olimpiade 2020.

Selama ini, Pasar Tsukiji yang berusia 80 tahun menarik puluhan ribu pengunjung per tahun untuk mendatangi berbagai kios dengan spesies ikan eksotis dan sushi segar.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami