BTN iklan
InternasionalTekno

Symantec: Serangan Cryptojacking Diprediksi Bakal Meningkat

(LEI)-Memasuki kuartal pertama di tahun 2018 ini, Symantec melalui laporan tahunannya, ISTR (Internet Security Threat Report) volume 23, merilis sejumlah laporan serangan-serangan hacker yang diprediksi meningkat. Jika pada 2017 lalu serangan Ransomware WannaCry sempat dilaporkan cukup heboh melanda beberapa negara termasuk Indonesia, di tahun 2018 ini Symantec menemukan beberapa laporan serangan yang diprediksi bakal terus meningkat, yaitu Cryptojacking.

Cryptojacking adalah ancaman yang berkembang terhadap keamanan siber dan pribadi yang kali ini sedang dimanfaatkan oleh para penjahat siber untuk menyerang coin mining. Ancaman Cryptojacking sendiri juga dilaporkan peningkatannya paling drastis menjelang akhir 2017 hingga saat ini. Meningkatnya serangan cryptojacking juga disebabkan oleh beberapa hal.

Andris Masengi, selaku Country Manager Symantec Indonesia, menyatakan bahwa, “Hal pertama terjadinya peningkatan serangan cryptojacking disebabkan karena meningkatnya nilai atau harga dari cryptocurrency itu sendiri. Hal ini yang menyebabkan para hacker sangat tertarik untuk melakukan cryptojacking“. Para hacker juga saat ini lebih tertarik untuk mengincar koin berbasis Monero dengan menyebar luaskan script malware crypto mining ke dalam sebuah situs.

Keunikan dari malware crypto mining adalah dengan memanfaatkan ketidaktahuan atau kesadaran dari para pengguna PC, dimana sistem PC yang mereka gunakan akan bekerja untuk melakukan proses mining coin untuk si hacker. “Jika sebelumnya para hacker lebih memilih para pengguna PC yang memiliki sistem dengan spesifikasi tinggi, namun mereka juga kini mengincar para pengguna PC mainstream“, ujar Andris.

Para hacker sekarang ini juga sudah semakin lihai dalam menggencarkan serangannya, yang mana mereka akan menyerang berbagai aspek yang berkaitan dengan cryptocurrency. Beberapa serangan para hacker saat ini meliputi crypto exchanges, wallet theft, phishing, penipuan dukungan teknisdan aplikasi mobile palsu. Serangan cryptojacking saat ini juga tidak hanya mengincar para personal namun juga sudah menuju ke para korporasi.

Dengan beragam alur serangan cryptojacking yang dilancarkan oleh para hacker, untuk itu Symantec memiliki beberapa solusi yang dianggap mampu sebagai pencegahan sedini mungkin untuk mengamankan semua data penting yang Anda miliki. Beberapa solusi tersebut di antaranya:

  • Ubah kata sandi 3 bulan sekali dan jangan gunakan kata sandi standar pada perangkat dan layanan Anda. Jangan pula gunakan kata sandi umum atau satu kata sandi untuk beberapa akun.
  • Selalu perbarui sistem operasi dan software.
  • Perhatikan email. Jangan membuka email yang tampak mencurigakan, terutama jika berisi tautan atau lampiran dan sebaiknya segera dihapus.
  • Buat cadangan file. Penyerang dapat memanfaatkan korbannya dengan mengenkripsi file mereka dan menjadikannya tidak dapat diakses. Jika memiliki file cadangan, Anda dapat mengembalikan file setelah dibersihkan. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close