Liputan

Tarif Baru Taksi Online Mulai Berlaku Hari Ini

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Kementerian Perhubungan menerbitkan aturan baru taksi online yang resmi berlaku pada hari ini, atau 1 November 2017. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 yang merupakan hasil revisi dari PM 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Sama seperti dalam aturan PM 26 Tahun 2017 lalu, regulasi baru ini juga mengatur tentang tarif batas atas dan batas bawah yang diberlakukan untuk taksi online. Hanya saja, Kementerian Perhubngan melakukan sedikit revisi dari tarif yang ditetapkan.

Adapun pemberlakuan tarif dibagi dua, yakni wilayah I antara lain Sumatera, Jawa, dan Bali. Kemudian wilayah II meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Dalam aturan sebelumnya, tarif yang diberlakukan untuk wilayah I untuk batas bawah per kilometernya Rp 3.500 dan batas atasnya Rp 6.000. Sedangkan untuk wilayah II tarif batas bawahnya Rp 3.700 dan batas atasnya Rp 6.500.

Sedangkan untuk peraturan yang baru direvisi ini, yakni PM 108/2017, tarif baru yang berlaku untuk wilayah I dengan batas bawah Rp 3.000 per kilometer dan batas atasnya Rp 6.000. Kemudian untuk wilayah II batas bawahnya Rp 3.700 per kilometer dan batas atas Rp 6.500 per kilometer.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, mengatakan tarif baru ini akan terus dievaluasi secara rutin setiap 6 bulan, untuk memperhitungkan kembali tarif-tarif yang sudah ada.

“Evaluasi bisa dilakukan kalau ada keadaan mendesak dan misalnya ada kenaikan biaya operasional seperti harga BBM, bisa langsung kita evaluasi,” jelas dia beberapa waktu lalu. [kompas]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

15 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close