BTN iklan
NasionalTekno

TemanBisnis, Aplikasi Layanan Pencatat Keuangan bagi UKM

(LEI)-Di tengah banyaknya aplikasi pencatatan keuangan di Indonesia, kini muncul lagi satu startup yang siap bersaing dengan para pemain di ranah ini. Bersama empat rekannya, Abidah Syauqina mengembangkan aplikasi TemanBisnis. Aplikasi ini dirancang untuk menjembatani basis pengguna yang selama ini kurang tertarik atau belum pernah memanfaatkan aplikasi layanan keuangan.

Pihaknya menekankan pada aplikasi yang lebih user friendly, baik dari segi desain atraktif maupun fitur yang disajikan. Abidah mengatakan, pembuatan aplikasi TemanBisnis ditujukan untuk kalangan pelaku bisnis, terutama dari golongan UKM.

Kepada Tech in Asia Indonesia, Abidah menjelaskan bahwa produk TemanBisnis sengaja difokuskan pada pengembangan aplikasi, mengingat tuntutan bisnis sekarang yang serba dinamis cukup membatasi akses bagi penggunaan aplikasi berbasis web atau desktop. 

Secara bisnis, target pasar UKM kelas mikro dan kecil mungkin kurang menarik karena membutuhkan investasi yang cukup besar. Tidak heran, aplikasi keuangan yang ada lebih banyak menyasar pasar kelas menengah,” ungkap Abidah.

Padahal, menurut Abidah, jika pebisnis kelas mikro kecil diberikan kesempatan yang lebih luas untuk dapat belajar dan memahami kondisi keuangan bisnis mereka lewat aplikasi yang mudah dan terjangkau, maka bukan tak mungkin jika UKM ini menyumbang pasar pengguna aplikasi terbesar dan sekaligus berkontribusi lebih besar lagi untuk perekonomian Indonesia.

Monetisasi lewat penjualan fitur tambahan

Pengerjaan TemanBisnis sendiri memakan waktu enam bulan, sebelum resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2017 silam. Untuk monetisasi, mereka menjual beberapa fitur tambahan di dalam aplikasi (in-apppurchase) TemanBisnis, salah satunya adalah fungsi untuk mengekspor laporan keuangan dalam bentuk Excel dan PDF.

Saat ini, TemanBisnis mengklaim aplikasinya telah diunduh lebih dari sepuluh ribu kali. Ke depannya, TemanBisnis akan membentuk komunitas penggunasebagai sarana bertukar pikiran dan memberi masukan untuk pengembangan TemanBisnis.

Di Indonesia sendiri, keberadaan TemanBisnis harus bersaing dengan Finansialku, Monefy, dan Si APIK yang dikembangkan oleh Bank Indonesia.

(idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close