LifestyleTraveling

Tempat Wisata Sekitar Jakarta yang Perlu dikunjungi Tanpa Menguras Budget

BTN iklan

Jakarta/Lei – Tempat Wisata yang tidak Jauh dari Jakarta, bagi Anda yang tinggal di tengah kota Jakarta yang sibuk, seringkali kita merasa lelah bekerja dan merasa memerlukan tempat untuk rekreasi yang tidak monoton seperti mall atau café. Namun bagaimana jika Anda masih harus menangani project tertentu sehingga tidak diperkenankan untuk mengambil cuti, atau Anda baru mulai bekerja sehingga tidak mungkin Anda mengajukan permintaan cuti?

Perlu Anda ketahui bahwa sedikit saja bergeser dari tengah kota Jakarta, Anda sudah bisa menemukan tempat wisata unik dan menarik yang bahkan mungkin tidak Anda duga, dimana Anda dapat menanggalkan stress dan kepenatan sejenak tanpa harus mengurangi cuti tahunan Anda. Mungkin Anda berpikir pastilah Bandung, Kepulauan Seribu, Puncak atau Kebun Raya Bogor yang menjadi pilihannya, padahal selain itu masih banyak tempat wisata menarik dan unik sekaligus mengilangkan kejenuhan terhadap tempat wisata yang itu-itu saja. Dimana sajakah tempat-tempat tersebut ? Berikut ini adalah 15 tempat wisata seru yang tidak jauh dari Jakarta:

1. CURUG CIHERANG

Curug Ciherang, Bogor

Tempat Wisata yang tidak Jauh dari Jakarta, berbicara tentang Bogor bukan hanya Kebun Raya Bogor saja yang menjadi andalah wisatanya. Nama tempat ini diambil dari bahasa Sunda yang dapat diartikan sebagai ‘air terjun yang bening’, dan sangat sesuai dengan kondisi air terjun nya yang segar dan jernih. Terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, tempat ini sangat asri dengan rimbunan pohon hiaju yang siap memanjakan mata Anda. Lokasi wisata yang masuk ke wilayah Sentul ini memang relatif baru, namun sudah banyak peminatnya dan sudah banyak direkomendasikan.

Bila Anda berminat menuju ke tempat ini, jangan lupa bahwa jam bukanya adalah mulai jam 07.00-18.00, mulai hari Senin-Minggu. Tempat ini berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Jakarta dan 20 kilomater dari Kecamatan Citeureup Cibinong, dan dan kurang lebih memerlukan waktu 2,5 untuk sampai di sini dari Cibinong. Jangan lupa untuk membawa baju ganti untuk berjaga-jaga Anda tergoda untuk bermain air, karena lokasinya unik dan menggoda. Jadi, jika berkendara sedikit saja keluar dari pusat kota, dapat melihat alam hijau asri dengan burung berkicauan ditingkahi deru air terjun yang mendamaikan, tentu tempat ini adalah salah satu lokasi yang harus masuk dalam daftar terapi memusnah stress Anda dan perlu Anda coba akhir pekan ini.

2. RUMAH POHON

Jembatan Kayu Ciherang, Bogor

Apabila Anda sudah merasa puas dan pikiran Anda telah kembali jernih hanya dengan bermain air dan menikmati keindahan air terjuan Curug Ciherang dan kembali pulang karena merasa telah siap kembali menghadapi tantangan di Jakarta, tentu saja tidak menjadi masalah.

Namun jika Anda masih ingin berlama-lama di tempat ini, maka ada dua spot sangat unik dan cantik yang sangat jika Anda lewatkan, yaitu Rumah Pohon serta Jembatan Gantung Curug Ciherang. Tidak harus ke Omah Kayu di Malang jika Anda ingin menikmati sensasi rumah pohon dan mendapatkan spot yang cantik untuk berfoto.

Bagi Anda yang tidak takut ketinggian dan menikmati tantangan seru, serta tentu saja tidak ingin kehilangan spot foto yang indah, maka mampir ke dua area di lokasi Curug Ciherang ini adalah keputusan yang tepat. Berada di tempat ini rasanya berada di dunia lain, atau paling tidak sangat jauh dari bising dan polusi Jakarta. Bahkan jika Anda masih ingin lebih lama berada di tempat ini menghabiskan akhir pekan, silahkan mencoba penginapan di sekitar area ini yang tidak kalah unik dan seru karena nuansa tradisional yang ditawarkan.

Jangan lupa bahwa Anda perlu menyiapkan uang untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini, dimana untuk tiket masuknya adalah Rp.5.000 per orang, sementara untuk biaya parkirnya adalah Rp.5.000 untuk motor dan Rp.20.000 untuk mobil. Harga tersebut sudah mencakup harga untuk masuk ke area air terjun, rumah pohon maupun jembatan kayu gantung.

3. SITU GEDE

Situ Gede, Bogor

Masih di wilayah Bogor, kini Tempat Wisata yang tidak Jauh dari Jakarta yang ditawarkan adalah Situ Gede atau yang bisa berarti ‘danau yang besar’. Danau ini berada di tepi Hutan Dramaga, yang merupakan hutan penelitian Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan di Kelurahan Situgede, Bogor Barat. Lokasi danau yang luasnya kurang lebih 6 hektar ini kerap kali dipergunakan untuk keperluan syuting film dan sinetron. Di tempat ini selain Anda dapat menikmati keindahan danau, maka Anda juga dapat memancing dan seringkali menjadi tujuan mereka yang gemar melakukan kegiatan ini, berperahu sambil menikmati keindahan tengah danau dengan perahu bambu atau berjalan-jalan menikmati rimbun dan sejuknya hutan di sekitarnya.

Untuk memasuki area ini Anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp.5.000 saja, dan pengalaman bagai berpetualang pun bisa Anda dapatkan. Saat berjalan-jalan di dalam hutan di area ini, Anda akan menemukan rusa-rusa jinak dan dapat bermain dengan mereka. Pengalaman yang seru dan unik dapat bermain dengan rusa di habitat aslinya, dikerumuni pepohonan nan hijau dan rimbun.

4. TAMAN WISATA ALAM MANGROVE ANGKE

Wisata Alam Mangrove, Muara Angke

Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang masih berada di kota Jakarta namun masih jarang yang tidak mengetahui atau kurang informasi mengenainya. Berada di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Anda akan merasakan suasana alam yang indah dan sejuk sehingga lupa bahwa Anda masih berada di Jakarta. Anda juga bisa langsung datang pagi-pagi tatkala udara masih cukup bersih, karena tempat ini dibuka mulai jam 7 pagi hingga jam 6 petang.

Kawasan ini mempunyai luas 99 hektar dan 40% area nya merupakan Hutan Mangrove yang dimaksudkan untuk menahan abrasi ombak laut. Harga tiket masuk ke lokasi wisata ala mini adalah Rp.25.000 tidak termasuk wisata dengan perahu, kegiatan menanam mangrove atau bermain sepeda air. Di tempat ini juga terdapat villa untuk menginap, jika Anda masih ingin menikmati suasana alam yang sejuk namun juga ingin lebih nyaman. Jika ingin merasakan suasana petualangan, silahkan berkemah di lokasi ini.

5. MUARA GEMBONG MANGROVE

Muara Gembong Mangrove, Bekasi

Siapa bilang Bekasi tidak memiliki tempat yang menarik? Coba Anda jajal mengunjungi hutan Mangrove di kawasan Bekasi yang satu ini. Anda akan dibawa ke suasana petualangan bagai di tengah hutan Kalimantan atau bahkan suasana hutan Amazon.

Berperahu sampan, Anda dapat menyusuri sungai dengan pemandangan pohon bakau pada sisi kanan dan kiri. Anda tidak perlu melakukan perjalan yang sedemikian jauh untuk dapat memperoleh pengalaman tak terlupakan ini.

Hutan Mangrove atau hutan bakau yang panjangnya sekitar 17 kilometer di kawasan ini semula sudah rusak karena dimanfaatkan sebagai tambak oleh nelayan di wilayah ini sehingga menyebabkan abrasi dan banjir melanda daerah ini dan merusak lingkungannya. Untung saja ada komunitas pecinta lingkungan yang peduli akan kelestarian hutan bakau ini yang kemudian membenahi serta dilakukan konservasi. Di tempat ini, selain berwisata, Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara budidaya , cara menanam dan memelihara mangrove.

tempatwisataunik

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami