Internasional

Temukan Korban Gempa Taiwan, Dua Anjing Dipuji Sebagai Pahlawan

BTN iklan

HUALIEN – Seekor anjing golden labrador dipuji sebagai pahlawan atas jasanya membantu warga Tim SAR Taiwan menemukan dua orang yang terperangkap di bawah puing gedung yang rusak parah akibat gempa dahsyat. Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) yang mengguncang Kota Hualien, Taiwan pada Selasa, 6 Februari dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 10 orang, sementara beberapa korban masih dinyatakan hilang.

Anjing berusia empat tahun bernama Tie Hsiung itu menantang gempa susulan untuk menjalankan misi pertamanya untuk menyelamatkan korban gempa di Hualien. Tie Hsiung yang namanya berarti “pahlawan besi” dalam bahasa Mandarin berhasil menyelamatkan seorang korban yang telah terperangkap selama 15 jam di bawah reruntuhan gedung Hotel Marshal yang miring.

“Medan ini cukup berbahaya dengan banyak kaca kaca dan paku.Saya pikir dia mungkin terlalu takut, tapi dia bisa mengatasi ini untuk masuk ke tumpukan puing, jadi saya pikir dia hebat,” kata pelatih Tie Hsiung, Li Chun-sheng kepada AFP, Jumat (9/2/2018).

Seorang korban lainnya yang berhasil ditemukan Tie Hsiung meninggal dunia karena luka-luka yang dierita.

Begitu gempa tersebut terjadi, Tie Hsiung langsung diterbangkan keluar bersama tim penyelamat dari Kota Taichung bersama rekan sesama labrador, Tuei Tuei.

Untuk misi seperti inilah kedua anjing itu dilatih, tetapi baru kali ini mereka benar-benar diuji. Lin You-zhun, Pelatih Tuei Tuei juga menyatakan puas dengan hasil kerja anjing didikannya.

“Biasanya kita memilih di mana dan kapan kita berlatih, dan selalu di daerah yang aman. Tapi saat bencana alam, kita tidak pernah tahu kapan akan ada gempa susulan,” ujarnya.

Wali Kota Taichung, Lin Chia-lung secara khusus memuji pasangan anjing tersebut atas “prestasi spesial” yang mereka capai.Sementara warganet menjuluki keduanya sebagai “kebanggaan Taichung” saat foto mereka menjadi viral.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close