EkonomiLiputanNasional

Tenaga Kerja Kontrak Terancam Tak Dapat THR

BTN iklan

BANDUNG, 30/5 (LEI) – Tenaga kerja kontrak yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bandung terancam tidak mendapat tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 2018.

Pejabat sementara Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin mengatakan, Pemkot Bandung terganjal dengan Peraturan Presiden (Perpres) perihal tenaga kerja kontrak yang tidak masuk dalam pemberian THR. “Tapi masih kita bahas, yang penting kita jangan sampai melanggar ketentuan. Kalau misalnya perintah dari pemerintah pusat itu, jangan sampai keluar apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Solihin di Bandung, Rabu.

Solihin mengatakan, apabila Pemkot memberikan THR kepada tenaga kerja kontrak maka dikhawatirkan akan melanggar Pepres. Di samping itu, Pemkot Bandung juga tidak memiliki anggaran untuk memberikan THR bagi para tenaga kerja kontrak yang berjumlah ratusan.

“Karena itu menyangkut uang yang harus dipertanggungjawabkan. Kita kan harus menghitung kemampuan keuangan daerah,” katanya.

Akan tetapi, ia juga tidak ingin para pekerja kontrak yang ada di lingkungan Pemkot Bandung tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Pemkot, kata dia, akan berupaya untuk bisa memberikan THR kepada tenaga kerja kontrak, meski peluang tersebut cukup kecil mengingat proses pengajuan anggaran membutuhkan proses yang lama.

“Kita harus menggeser-geser keuangan daerah dipertengahan anggaran, waktunya itu cukup lama,” kata dia.

Adapun prosedur yang harus dilalui yakni pengajuan anggaran kepada ke Pemerintah Provinsi Jabar untuk dilakukan verifikasi sebelum dilanjutkan ke pemerintah pusat.

“Prosesnya juga lama. Kalau provinsi kan harus menerima permohonan dan verifikasi 27 kabupaten kota,” kata dia. [antara]


Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami