The Firm: Dillema seorang Pengacara Muda – Legal Era Indonesia
Internasional

The Firm: Dillema seorang Pengacara Muda

Bagikan ke:
the firm movie

Tom Cruise sebagai Mitch McDeer

Inilah film Amerika, sebuah thriller hukum yang dibuat  1993 yang sampai sekarang masih enak ditonton. Film ini  disutradarai oleh Sydney Pollack dan dibintangi Tom Cruise, Jeanne Tripplehorn, Gene Hackman, Ed Harris, Holly Hunter, Hal Holbrook, dan David Strathairn. Tontonan klasik ini dibuat berdasarkan  novel The Firm karya  John Grisham terbit tahun 1991.

Tidak jarang kekayaan melimpah merupakan ukuran kesuksesan dan kebahagiaan bagi sebagian kaum muda. Wajarlah jika  mereka bekerja keras. Motivasi itulah yang mendorong Mitch McDeere diperankan Tom cruise  belajar dengan tekun di Harvard Law School agar bisa menjadi pengacara. Dalam film karya sutradara Sydney Pollack pada tahun 1993, Mitch memang ingin meninggalkan masa lalunya dalam kemiskinan dan ingin menjadi golongan menengah atas. Usaha Mitch berhasil karena ia termasuk lima besar dari kelasnya. Masa depannya sebagai pengacara sangat menjanjikan, apalagi Mitch mendapat banyak tawaran kerja dari berbagai firma hukum di Chicago maupun New York.

the firm movie

Hal Holbrook menawarkan cerutu

Menjelang lulus dari sekolah hukum Harvard anak muda ini hampir mencapai peringat atas, dia menerima pekerjaan yang bagus yang ditawarkan oleh berdini, lambert & Lokce, seuah firma kecil dan eksklusif di Memphis yang menghukuskan pada bidang hukm akutansi dan pajak. Dia dan istrinya Abby (Jeanne Tripplehorn), pindah ke Memphis dan Mitch mulai belajar untuk lulus ujian pengacara di Tennessi. Avery Tolar dimainkan oleh Gene Hackman, salah seorang partner senior menjadi mentornya dan mulai memperkenalkan Mitch ke budaya profesional BL&L, yang membutuhkan loyalitas penuh, kerahasiaan, dan kemauan untuk membebankan biaya yang luar biasa mahal  untuk layanan mereka. Tergoda oleh uang dan fasilitas seperti  rumah dan mobil, dia pada awalnya benar-benar menyadari sisi yang lebih jahat dari majikan barunya, meskipun Abby memiliki kecurigaannya.

the firm movieSelama bekerja bersama Averi, Mitch tahu bawa sebagian besar pekerjaan Firma melibatkan bantuan kepada klien kaya yang menyembunyikan uang dalam jumlah besar di perusahaan shell lepas pantai untuk menghindari pajak dan skema meragukan lainnya. Sementara di perjalanan ke Kepulauan Cayman atas nama klien, Mitch digoda oleh seorang wanita lokal dan menipu di Abbey. Tanpa diketahui Mitch, pertemuan ini adalah jebakan dan kencan mereka di pantai difoto oleh orang-orang yang bekerja untuk kepala keamanan perusahaan, Bill DeVasher (Hal Holbrook), yang kemudian menggunakan foto-foto ini sebagai pemerasan agar  menjaga Mitch bungkam.

Mitch benar-benar sadar bahwa dia dijebak, setelah dua rekan di perusahaan tewas secara misterius. Pengacara muda ini  didekati oleh agen FBI yang memberitahukan bahwa sementara beberapa bisnis BL & L’s adalah sah, klien terbesar mereka adalah keluarga Morolto Mafia dari Chicago. Mitra perusahaan, serta sebagian besar rekan, semua terlibat dalam skema penipuan pajak dan pencucian uang besar-besaran. Dua rekan yang meninggal belajar tentang sisi gelap perusahaan, dan tewas agar bungkam selamanya. Mereka memperingatkan Mitch bahwa rumahnya, mobil, dan kantor telah mungkin semua telah disadap.

the firm movie

Orang FBI menekan Mitch agar  menyediakan dengan bukti mereka dapat menggunakan untuk menuntut Morolto dan menurunkan BL & L. Dari sinilah Mitch dibenturkan pada pilihan sulit. Jika dia bekerja dengan FBI, ia   dia tetap hidup, ia harus mengungkapkan dibalik legitimasi klien-dengan demikian perusahaan melanggar hak istimewa pengacara dan mempertaruhkan pencabutan izin praktek. Namun, FBI memperingatkan dia bahwa dia tetap dengan perusahaan, ia hampir pasti akan masuk penjara ketika FBI mengambil di kedua perusahaan dan Moroldo ini. Dia setuju untuk bekerja sama dengan FBI imbalan sebesar $ 1,5 juta dan pelepasan saudaranya, Ray, dari penjara di Arkansas.

Dalam keadaan putus asa mencari  jalan keluar, tidak sengaja Mitch mendapat  solusi ketika salah satu kliennya mengungkapkan bahwa ia ditagih untuk tambahan tiga jam. Mitch akhirnya menemukan bahwa perusahaan adalah tempat untuk pencucian uang bagi Morolto, karena terjadi  mark up besar-besaran. Dengan mengirimkan tagihan ini kepada klien mereka, mereka melakukan penipuan.

Secara diam-diam dia mulai menyalin catatan penagihan perusahaan. Namun, ia ketahuan kedok ketika penjaga penjara di Moroldo ini gaji  DeVasher. Menghindari DeVasher dan preman, ia menemukan saudara Morolto dan, menawarkan dirinya sebagai pengacara setia melihat keluar untuk kepentingan terbaik kliennya, membuat mereka percaya bahwa kontak dengan FBI dan menyalin file pada perusahaan hanyalah upaya untuk mengekspos overbilling ilegal.

Ketegangan mulai memuncak setelah pengacara muda ini menentukan solusinya, dia keluar dari firma hukum BL & L dan mendapatkan pekerjaan, hubungannya yang retak dengan istrinya bisa pulih kembali dan film berakhir sebagai McDeere meninggalkan rumah mereka di Memphis dan kembali ke Boston, mengemudi mobil yang sama di mana mereka tiba (RW)

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top