LiputanPolitik

Tidak Ada Kawan-Lawan Dalam Politik

BTN iklan

Jakarta/Lei-  Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie mengatakan pilkada di Tanah Air secara jelas membuktikan bahwa tidak ada kawan maupun lawan abadi dalam politik.

Dia mengatakan buktinya PDI Perjuangan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kendati keduanya tak sejalan dalam sejumlah kebijakan pemerintah di pusat, tapi di sejumlah pilkada mereka seiring sejalan, misalnya di pilkada Sulsel di mana keduanya satu suara mengusung Nurdin Abdullah.

Menurut Jerry koalisi seperti itu, merupakan hal yang wajar dan kerap terjadi dalam setiap pilkada di Indonesia.

Kendati pun di pusat tak sejalan atau oposisi kata Jerry, namun di daerah mereka berafiliasi.

Dia juga mencontohkan Partai Demokrat yang merupakan partai yang berseberangan dengan PDI Perjuangan di pemerintahan Jokowi, akan tetapi keduanya berkoalisi di pemilihan gubernur Jawa Tengah dengan bersama-sama mengusung calon petahana Ganjar Pranowo.

Begitu pun di pilkada Kalimantan Barat keduanya mengusung anak Gubernur Kalbar Cornelis yakni Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.

Dia menilai fenomena ini seolah membenarkan istilah “Tak ada musuh yang abadi dan kawan yang abadi, yang abadi hanya lah kepentingan itu sendiri”.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami